Trending

Mantap, Dinas Ketahanan Pangan Balangan Pastikan Stok Pangan Aman Di Momen Ramadhan Hingga Lebaran

WAWANCARA: Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Balangan Ansharullah Foto Dok


BORNEOTREND.COM – Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Balangan Ansharullah memastikan selama momen Ramadhan hingga Lebaran ketersediaan stok pangan di Kabupaten Balangan aman.

Kepastian ini sendiri didapat setelah pihaknya sudah melakukan rapat bersama tim Satgas pangan beserta dinas-dinas terkait mengenai stok dan kebutuhan bahan pangan dan pokok di Kabupaten Balangan.

"Dari hasil rapat bersama didapatkan bahwa bahan pokok pangan penting seperti beras sudah cukup, bahkan berlebih. Karena ada sebagian daerah yang sedang panen dan untuk stok beras di kindai-kindai petani ada sebanyak 13.370 Kg atau 13 Ton," tegasnya.

Ada pun untuk harga bahan pangan masih dalam keadaan normal dan tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

"Untuk harga masih stabil, di antaranya seperti beras masih dalam harga Rp12.000-Rp14.500/Kg atau masih dalam angka 7,5 persen. Itu belum dikatakan harga bergejolak, dapat dikatakan bergejolak kalau sudah mencapai angka 25 persen," sebutnya.

Sedangkan untuk harga cabai memang masih dalam harga yang cukup tinggi dengan mencapai kisaran Rp90.000/Kg. Hal itu mengingat karena memang permintaan dari masyarakat yang cukup banyak dan stok cabai yang sedikit akibat dampak banjir yang lalu.

“Kalau bahan pokok yang lain seperti daging ayam ras, bawang merah dan bawang putih juga aman stok dan harganya,” tegasnya.

"Selama distribusi dari luar masih aman dan tidak terganggu, insyaAllah ketersediaan pangan kita masih aman dan akan tercukupi," timpalnya lagi. (fsl/net)

Lebih baru Lebih lama