Trending

Wah, Dinsos Balangan Anggarkan 1 Miliar Untuk Santunan Dana Kematian Masyarakat Prasejahtera

WAWANCARA: Kepala Dinsos Kabupaten Balangan Ribowo - Foto Net


BANUATODAY.COM, BALANGAN- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Balangan menyediakan anggaran sebesar Rp1 Miliar untuk santunan kematian bagi warga prasejahtera di Kabupaten Balangan. 

Santunan kematian tersebut diberikan saat ada warga prasejahtera yang meninggal dunia. Dimana uangnya diserahkan kepada ahli waris pada pada hari yang sama saat pihak keluarga meninggal.

Menurut Kepala Dinsos Kabupaten Balangan Ribowo, bantuan santunan kematian merupakan satu program Bupati Balangan dan Wakil Bupati Balangan.

"Harapan kita melalui santunan ini dapat membantu meringankan beban pihak keluarga," ucapnya, Kamis (22/4/2021).

Ada pun nominal santunan kematian yang diberikan yakni senilai Rp 1 juta perjiwa. Tentunya pihak keluarga atau ahli waris yang ditinggalkan juga wajib melengkapi berkas administrasi untuk pencairan santunan tersebut.

Beberapa persyaratan yang dilengkapi yakni fotocopy KTP orang yang meninggal dan ahli waris, fotocopy Kartu Keluarga, surat keterangan miskin dan beberapa keterangan lainnya.

“Pelengkapan berkas pun bisa didapat melalui pihak desa. Serta dari bantuan aparat desa pula, berkas sementara berbentuk softfile bisa dikirimkan melalui whatsapp ke Dinsos Kabupaten Balangan. Kemudian dari pihak Dinsos akan mengunjungi rumah yang bersangkutan dan secara langsung menyerahkan santunan,” ungkapnya.

Dari data sementara yang kita miliki, terdata telah ada 311 orang yang dilaporkan meninggal dan mendapatkan santunan. Data tersebut terhitung sejak Desember 2020 hingga 17 April 2021. Dari anggaran Rp 1 M yang disediakan, diperhitungkan angka tersebut diperuntukan bagi 1000 jiwa warga prasejahtera. (fsl/net) 

Lebih baru Lebih lama