Trending

Warga Satu Kampung di Garut Positif Covid-19, Berikut Fakta Terbarunya

 

VIRUS: 37 Warga Kampung Banjarsari di Desa Hegarmanah terinfeksi Covid-19 - Foto Nett 

BANUATODAY.COM, GARUT- Sebanyak 37 warga Kampung Banjarsari di Desa Hegarmanah, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat terkonfirmasi positif Covid-19. Menindaklanjuti hal tersebut, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut menutup akses keluar masuk kampung.

"Kampungnya di-lockdown, terus masih dilaksanakan tracing," terang Humas Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Garut Yeni Yunita di Garut, Minggu (23/5/2021).


Cegah Penularan Covid-19

Akses keluar masuk Kampung Banjarsari akan ditutup hingga 27 Mei 2021. Tujuan penutupan akses keluar masuk ialah mencegah penularan Covid-19 meluas.

Satgas Penanganan Covid-19 menurunkan tim untuk mendukung pengendalian penularan Covid-19 di kampung tersebut. Selain itu, Satgas juga melakukan pengawasan terhadap aktivitas warga, melakukan penelusuran kasus, dan melakukan disinfeksi wilayah.

Karantina Warga

Camat Bungbulang Caca Rifai menjelaskan, pemeriksaan untuk mendeteksi penularan Covid-19 juga dilakukan pada seluruh warga Kampung Banjarsari. Selama masa karantina, warga tidak diperbolehkan keluar masuk kampung tersebut.

"Warga dari luar tidak boleh masuk, yang belum dipastikan kondisinya (bebas COVID-19) tidak boleh keluar," ungkapnya, dikutip dari Antara (23/5/2021).

Dari 37 warga Kampung Banjarsari yang terkonfirmasi positif Covid-19, penderita yang mengalami gejala berat menjalani karantina dan perawatan medis di rumah sakit, sementara penderita dengan gejala ringan atau tanpa gejala menjalani karantina di Gedung Olahraga (GOR) Desa Hegarmanah.

"Di GOR Desa (pasien) diawasi oleh tenaga kesehatan, ada petugas yang terus memantau," pungkasnya.(mrdk/ar)


Lebih baru Lebih lama