Trending

Dinas PMD Gelar EXPO BUMDesa Kalsel 2021 Dan Penganugerahan BUMDesa Terbaik

 

WAWANCARA: Kepala Dinas PMD Kalsel Zulkifli - Foto Dok 

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalsel menggelar acara EXPO BUMDesa Kalsel 2021, Sabtu (26/6/2021) di Duta Mall Banjarmasin. 

Kepala Dinas PMD Kalsel Zulkifli mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut memberikan motivasi Kepada BUMDesa untuk terus aktif menjalankan usaha yang dimiliki dan meningkatkan kapasitas kelembagaan BUMDesa, sehingga dapat menghasilkan perpoma yang Lebih baik dalam peningkatan perekonomian desa nantinya. 

“Dalam even ini kita juga sekaligus menggelar Penganugerahan BUMDesa Terbaik Tingkat Provinsi Kalsel. Untuk penilaiannya dilakukan melalui dua tahapan seleksi yakni seleksi dokumen dan kunjungan lapangan ke BUMDesa yang diusulkan oleh Kabupaten," tegasnya.

Ada pun penilaian penghargaan ini juga diikuti oleh 25 BUMDesa pada sebelas Kabupaten yang terdiri dari Kabupaten Tapin sebanyak 6 buah, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) sebanyak 4 buah, Kabupaten Tanah Laut (Tala) sebanyak 4 buah, Kabupaten Tabalong sebanyak 3 buah, Kabupaten Banjar sebanyak 2 buah, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kabupaten Balangan dan Kabupaten Kotabaru masing-masing 1 buah.

"Kedepannya diharapkan BUMDesa dapat benar- benar menyumbang terhadap peningkatan perekonomian desa dan meningkatkan Kesejahteraan masyarakat desa," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar dalam sambutannya berharap, Dinas PMD Kalsel agar selalu aktif juga dalam mendorong dan mengarahkan terbentuknya BUMDesa yang berkualitas, khususnya terkait dengan legalitas usaha, pengelolaan, permodalan hingga aset. 

"Saya berharap dua tahun ke depan, BUMDesa yang ada di Kalsel dengan kategori maju akan terbentuk dengan baik," harapnya.

Kegiatan EXPO BUMDesa ini seharusnya lebih kita giatkan, karena disini memberikan ruang kepada para pelaku BUMDesa untuk menampilkan Produk unggulan masing-masing. 

"Sehingga Produk tersebut lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas. Semoga kepada yang mendapatkan penghargaan dan prestasi ini semakin memacu mereka untuk mengembangkan BUMDesa yang lebih maju agar produknya mampu menembus Pasar Nasional serta Pasar luar negeri," tukasnya. (fsl/net)

Lebih baru Lebih lama