Trending

Proses Klaim Santunan Duka di Kabupaten Balangan Semakin Mudah

 

PENYERAHAN: Santunan Bansos dari Dinsos diserahkan kepada pihak ahli waris - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN- Di bawah Kepemimpinan H Abdul Hadi dan H Supiani, Kabupaten Balangan selalu Berinovasi, salah satunya melalui Dinas Sosial (Dinsos) dengan Program Bantuan Sosial (Bansos) santunan duka atau bagi orang meninggal dunia.

Kepala Dinas Sosial, Ribowo menjelaskan, pelaksanaan program Bansos tersebut sudah di realisasikan dari bulan Januari silam dan pengurusan  sangat mudah.

"Sistem administrasi dalam Bansos bagi orang meninggal sangat mudah, warga hanya tinggal menghubungi Kepala Desa masing-masing kemudian aparat Desa setempat mengkoordinasikan lagi kepihak Dinsos baik melalui WhatsApp atau Telpon di No 085388660065 / 081349700351 kemudian  menyiapkan KTP orang  yang meninggal dan KTP ahli waris, surat keterangan kematian, surat keterangan tidak mampu. Setelah persyaratan semua dilengkapi, maka tim kami akan langsung menuju ke rumah duka," jelasnya, Senin (28/6/2021). 

Ribowo juga mengutarakan, program tersebut merupakan salah satu Visi dan Misi Bupati terpilih yang di realisasikan bersama Dinsos dan terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat. Dirinya tidak memungkiri, kalau ada saja kendala yang terjadi dalam proses pengurusan santunan Bansos.

"Prosesnya sangat cepat, namun  kadang bisa mengalami keterlambatan karena adanya kesalahan maupun terkendala masalah jaringan di pelosok daerah tertentu. Belum lagi di tambah jika banyak warga yang meninggal di satu kecamatan yang berbeda-beda, sehingga menjadi kendala bagi tim  ke rumah duka. Namun kita akan terus  berusaha memberikan layanan yang baik kepada masyarakat agar Bansos tersebut dapat di terima secepatnya. Insya Allah dalam satu hari sudah sampai di tangan Warga," tuturnya.

Sementara itu salah satu ahli waris, Yayo warga Kelurahan Paringin Timur penerima Bansos mengungkapkan, bantuan tersebut sangatlah berharga bagi keluarga mereka yang di tinggalkan.

"Bansos berupa uang tunai itu sangat mmbantu kami, saya atas nama keluarga sangat berterima kasih kepada pihak Pemda melalui Dinsos, terlebih Administrasinya yang mudah dan tidak memerlukan waktu lama untuk pencairan," ungkapnya. 

Senada dengan yang di ungkapkan Yayo, Abdul Gafar Warga Desa Pulantan Kecamatan Awayan, menuturkan bahwa Bansos yang di peruntukan bagi warga yang berduka melalui ahli waris sangat bermanfaat bagi mereka.

"Saya juga berterimakasih atas Bansos yang diberikan dan sangat bermanfaat bagi keluarga yang di tinggalkan semoga program ini tetap berlanjut dibawah pemerintahan H Abdul Hadi dan H Supiani," tutupnya.(vro/ans)

Lebih baru Lebih lama