Trending

UDD PMI Banjarmasin Rutin Gelar Donor Darah di Berbagai Tempat

 

WAWANCARA: Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin Dokter Aulia Ramadhan Supit - Foto Net

BANJARMASIN– Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Banjarmasin semakin gencar memenuhi kebutuhan kantong darah ditengah Pandemi Covid-19.

Salah satu caranya menurut Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin Dokter Aulia Ramadhan Supit, adalah dengan cara rutin melakukan jemput bola ke berbagai instansi untuk menggelar kegiatan donor darah dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat.

“Seperti kita ketahui bersama Pandemi Covid-19 membuat kebutuhan kantong darah cukup tinggi. Karena itulah kami pun juga harus kreatif untuk memenuhi stoknya dengan tidak hanya menunggu masyarakat datang mendonor, tapi juga harus jemput bola ke tempat mereka dengan menggelar kegiatan donor darah,” ungkapnya, Senin (28/6/2021).

Melalui cara tersebut pihaknya mengaku bisa memenuhi kebutuhan kantong darah yang perharinya mencapai 100 – 150 buah.

“Kedepan kerjasama dengan organisasi, instansi hingga swasta akan lebih kita gencarkan lagi. Kalau perlu kita buat kegiatan donor darah ini jadi agenda rutin setiap beberapa bulan sekali,” tambahnya.

Selain memenuhi kebutuhan kantong darah, UDD PMI Banjarmasin juga terus berupaya menyediakan Plasma Konvalesen untuk pasien Covid-19 yang ada di wilayah Kota Banjarmasin dan sekitarnya.

Walau pun kini kebutuhannya tidak sebanyak dulu, yaitu hanya mencapai 40 kantong perbulannya. Pihaknya mengaku tetap berupaya menyediakannya dengan rutin mencari data terbaru mereka yang sudah sembuh dari Covid-19 dan mau memberikan plasma darahnya.

“Itu supaya mudah, jadi saat ada yang membutuhkan pendonor plasmanya siap. Plasma darah waktu kada luarnya sangat singkat, jadi kita hanya bisa memproduksinya saat ada pasien Covid-19 yang membutuhkannya saja,” tukasnya. (fsl/net)

Lebih baru Lebih lama