Trending

Safrizal Lepasliarkan Bekantan di Pulau Curiak, Dukung Pelestarian Bekantan di Kalsel

 PJ GUBERNUR: Pelelapasan Bekantan di Pulau Curiak, Batola - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BATOLA - Pemprov Kalsel sangat peduli dengan pelestarian Bekantan yang merupakan salah satu satwa endemik yang hampir punah.

Salah satu bentuk kepeduian adalah dengan memberikan dana hibah sebesar Rp350 juta kepada Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia.

Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, usai melepasliarkan seekor bekantan betina di Pulau Curiak, Barito Kuala (2/7/2021), mengatakan, pemberian dana hibah itu bertujuan mendukung upaya konservasi bekantan yang merupakan satwa endemik Kalimantan.

Safrizal mengungkapkan, penambahan dana hibah bisa menyesuaikan kembali tahun berikutnya.


"Tahun ini kita berikan Rp 350 juta. Jadi jika tahun depan dirasa kurang, kita susun kembali, apa saja yang bisa kita kembangkan," ujarnya ketika ditemui di Bekantan Research Station, Pulau Curiak, Batola.

Bekantan yang dilepasliarkan diberi nama Defi oleh Pj Ketua TP PKK Kalsel Safriati Safrizal dan pelepasliaran Bekantan disaksikan Ketua DPRD Kalsel serta beberapa Pejabat Pemprov Kalsel. 

Bekantan yang dilepaskan ke habitat alaminya menggenapkan jumlah bekantan di Pulau Curiak menjadi 29 ekor.

Sementara itu, Ketua Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia Amalia Rezeki mengaku, sangat senang atas perhatian Pemprov Kalsel dan dana hibah merupakan bentuk dukungan serius untuk melestarikan satwa endemik Kalimantan.

"Alhamdulilah hari ini dilepasliarkan satu ekor lagi Bekantan betina, Bekantan ini merupakan korban kecelakaan yang kami evakuasi bersama BKSDA," jelasnya.

Diakui Amalia, Bekantan ini dirawat intensif kurang lebih setahun dan baru sekarang sudah bisa dilepasliarkan.

Sementara itu, sebelum aksi pelepasliaran bekantan, Safrizal didampingi jajaran Forkopimda melakukan penanaman kopi Liberika di kawasan Pulau Curiak.

Varian kopi Liberika disebut mampu tumbuh dengan baik di lahan gambut dan  tahan terhadap lingkungan panas dan lembab. (fsl/ans)

Lebih baru Lebih lama