Trending

Tepat Berusia 40 Tahun, FISIP Uniska Banjarmasin Gelar Yudisium

 

YUDISIUM: Penyerahan plakat oleh Ketua DPRD Prov Kalsel H Supian HK - Foto Net

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjari (MAB) menggelar Yudisium tepat di hari lahirnya yang ke 40.

Ada 16 orang Yudisium sarjana semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021, Prodi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Publik dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang digelar di Hotel Rattan In Banjarmasin, Rabu (14/7/2021).

"Memang kita masih dalam suasana pandemi maka Prokes pun kami terapkan. Dan semester ganjil ini kami gelar yudisium untuk 16 sarjana,” ucap Dekan FISIP UNISKA Dr. Murdiansyah Herman, S.Sos., M.AP.

Ia menyebutkan, usia ke 40 tahun Fisip beriringan dengan usia berdirinya yayasan Uniska, sehingga Fisip memiliki mahasiswa yang lumayan banyak. Ada tercatat jumlah mahasiswa prodi administrasi publik sebanyak 1.201 orang dan prodi Ilmu Komunikasi sebanyak 706 orang

"Peminat FISIP Uniska sangat banyak dan yudisium rutin setiap tahun digelar, kali ini mereka yang kami yudisium kebanyakan mereka yang kuliah transfer,” tuturnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Uniska Dr Muhammad Zainul menyatakan para sarjana yang di yudisium memiliki tantangan yang sangat berat ke depan. Saat ini pesatnya informasi teknologi, ditambah masa pandemi Covid-19 merambah ke semua aspek dan belum berakhir, sehingga para sarjana harus lebih kreatif untuk menghadapi persoalan tersebut.

"Ia menekankan, dengan kondisi pandemi menjadikan tumbuhnya pengangguran akibat semua sektor, termasuk permasalah ekonomi nyaris tumbang. Pasca Covid-19, tentu untuk normalisasi sektor ekonomi membutuhkan waktu 2-3 tahun ke depan,” ucapnya.

Sebab itu, mahasiswa yang lulus janganlah dulu untuk berpuas diri, ini hanya langkah awal, diharapkan sarjana yang di Yudisium bisa lebih kreatif dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. 

“Ya, jangan hanya terpaku pekerjaan yang telah ada. Meski mereka yang di yudisium kebanyakan sudah bekerja. Dan harus bisa mereka memberikan kontribusi untuk institusi mereka sendiri,” tambahnya.

YUDISIUM: Prosesi pengalungan piagam kepada para yudisium, oleh Dekan FISIP Uniska - Foto Net


Pada kesempatan tersebut, Ketua Badan Pengurus Yayasan Budiman Mustapa meminta para sarjana dapat memberikan kontribusi pembangunan di daerahnya, sehingga lulusan Uniska MAB menjadi pelopor bagi masyarakat secara luas.

"Selamat saya ucapkan kepada para mahasiswa yang sudah lulus, jadikan momen ini untuk menggapai cita cita dimasa depan, dengan meimplementasikan ilmu yang diperoleh di Fisip agar bermanfaat bagi masyarakat," imbuhnya.

Adapun Yudisium terbaik Prodi Ilmu Komunikasi yakni Hamidah IPK  3,51 dan Ilmu Administrasi Publik yakni Febri Siswa Hamdana IPK 3,41. 

Pada Yudisium tersebut juga hadir Ketua DPRD Provinsi Kalsel H Supian HK, jajaran Polda Kalsel AKBP Restika, dosen senior dan pejabat terkait, serta undangan lainnya. (fsl/net)

Lebih baru Lebih lama