Trending

TP PKK Kalsel Kembali Tebar Aksi Peduli

PEDULIPJ Ketua PKK Kalsel Safriati Safrizal saat menyerahkan bantuan pada kegiatan aksi peduli - Foto Net

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN- Melanjutkan kegiatan launching dan sosialisasi Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana, yang dilaunching Senin (12/7/2021), TP PKK Provinsi Kalsel kembali menebar aksi peduli.

Dipimpin PJ Ketua PKK Kalsel Safriati Safrizal, melaksanakan kegiatan susur Sungai Martapura sebagai bentuk aksi nyata.

Sebelum matahari terbit, Safriati beserta rombongan TP PKK Provinsi Kalsel dengan didampingi TP PKK Kota Banjarmasin sudah terihat berkumpul di siring dermaga Menara Pandang Banjarmasin pada Selasa (13/07/2021).

Dalam kesempatan ini, Safriati dan rombongan membagikan paket sembako kepada masyarakat yang tinggal di pesisir Sungai Martapura. 

Menggunakan perahu klotok bermesin, rombongan menyusuri perairan Sungai Barito. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah  Pasar Terapung Lokbaintan, Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Diungkapkan PJ Ketua PKK Kalsel Safriati Safrizal, kegiatan ini untuk memberikan motivasi sekaligus meringankan perekenomian masyarakat pedagang setempat.

Usai membagikan sejumlah paket sembako dan menyantap sarapan pagi bersama rombongan, perjalanan selanjutnya singgah di Kampung Hijau dan Kampung Biru yang juga berada di pesisir Sungai Martapura. 

"Saya mengingatkan masyarakat untuk mengonsumsi makanan dengan mengandung gizi berimbang sebagai bagian ikhtiar menjaga kebugaran, termasuk masalah stunting pada anak," ucapnya.

Safriati juga mengajak masyarakat  menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak melupakan 5M, serta mengikuti vaksinasi di masa pandemi ini. 

Hal ini juga merupakan bentuk sosialisasi gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana yang di launching sehari sebelumnya. 

“Karena Lurah disini juga masih muda, kita harapkan inovasi kreatifitasnya bisa lebih baik dari yang lainnya, agar sampah tidak lagi dibuang sembarangan. Kalau bisa nanti diadakan pengadaan tong sampah di setiap pojok di Kampung Biru ini” pesan Safriati kepada Lurah Kampung Melayu yang turut berhadir. 

Mengakhiri rangkaian kunjungan, Safriati beserta rombongan singgah di Rumah Anno, Banjarmasin.

Disini, Safriati dengan didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Siti Wasilah, menyerahkan alat pemadam api ringan (apar) dan tas siaga bencana kepada perwakilan Kelompok Dasa Wisma. 

Dari 100 paket tas siaga bencana yang diberikan oleh PT. Servvo Fire Indonesia dan Kun Humanity System+ kepada TP PKK Pusat, TP PKK Provinsi Kalsel mendapatkan 30 paket tas siaga bencana yang akan dibagikan sebagai realisasi Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana.

Pada kesempatan tersebut, Safriati kembali ingatkan pentingnya kesadaran akan siaga bencana. Penyerahan apar dan tas siaga bencana ini diharapkan dapat menjadi peraga untuk TP PKK dalam mensosialisasikan gerakan ini.

“Saat ini kita tidak bisa memberikan tas siaga bencana ke setiap rumah, tapi setidaknya nanti mereka sudah tau apa isi dari tas siaga bencana, dan apa saja yang perlu disiapkan saat menghadapi bencana” ucap Safriati. 

Safriati juga menyampaikan pesan Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA untuk seluruh Kader TP PKK baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Saat ini covid sedang sangat merebak di Indonesia. Pesan Pak Pj Gubernur, adalah tugas kita bersama untuk bersinergi dan berkolaborasi serta turun ke lapangan, memberikan edukasi kepada masyarakat," pungkasnya. (fsl/net)

Lebih baru Lebih lama