Trending

Pemprov Kalsel Siapkan Aksi Penanganan Covid-19

 

AKSI - Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar saat menjelaskan soal aksi penanganan Covid-19 di Kalsel

BANUATODAY.COM.Banjarmasin - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan,  menyiapkan beberapa rencana  aksi penanganan Covid 19 di Banua. Rencana aksi ini dilakukan karena kasus virus corona (Covid-19) di banua belum mengalami penurunan kasus yang cukup signifikan.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar mengatakan, rencana aksi ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Mendagri mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di luar Jawa -Bali dan penanganan Covid-19 harus terintegrasi dari hulu sampai ke hilir untuk dapat berjalan dengan optimal.

"Pengananan tidak hanya di hilir saja,  kita  juga harus menangani hulu seperti pembatasan mobilitas sesuai level, pembentukan posko dilevel RT, percepatan vaksinasi, penguatan tracing kita juga nanti dibantu TNI Polri melalui aplikasi Si Lacak," kata Roy saat memimpin rapat evaluasi penanganan Covid 19 di Aula Kantor Gubernur Kalsel, di Banjarmasin, Kamis (12/08).

Roy menilai, masih perlunya mengaktifkan kembali Tim Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta intervensi kesehatan untuk mempercepat pengendalian termasuk melalui vaksinasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Muslim mengatakan, perlunya penguatan testing, tracing dan treatment atau 3T serta mempercepat penyebaran vaksinasi ke masyarakat.

"Kita mendorong vaksinasi, kita mengupayakan penambahan vaksin sebanyak 126 ribu per minggu, selama ini hanya 38 ribu selama satu minggu, mudah mudahan ini bisa dipenuhi dari berbagai sumber," katanya.

Muslim menyarankan agar tim satgas Covid 19 Prov Kalsel turun gunung untuk melakukan monitoring dan evaluasi penanganan Covid ke Kabupaten Kota, terutama untuk mencek
 ketersediaan tempat tidur di Rumah Sakit, serta meningkatkan pemanfaatan fasilitas isolasi terpusat sebagai upaya menekan kenaikan angka terkonfirmasi.

"Ada kecenderungan isoman ini terabaikan, ini memicu penularan," pungkasnya.(naz)

Lebih baru Lebih lama