Trending

PKK Kalsel Perkenalkan Program Keluarga Sehat dan Tanggap Bencana

 


BANTUAN - Pj  Ketua PKK Kalsel Safriati Safrizal ZA  secara simbolis memberikan bantuan program keluarga sehat kepada Ketua PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj Wahyu Windarti

BANUATODAY.COM.Batulicin - Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak mengedukasi dan memberikan bantuan kepada masyarakat melalui Program Keluarga Sehat, Tanggap Bencana. Kali ini, TP PKK Kalsel mengunjungi Kabupaten Tanah Bumbu, setelah sebelumnya berkunjung ke sejumlah Kabupaten/Kota di Banua.

Di Tanah Bumbu, Pj  Ketua PKK Kalsel Safriati Safrizal ZA menyerahkan bantuan dan sosialisasi  Program Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana, Senin, (90/08) berlangsung  di Mahligai Bersujud. Adapun bantuan yang diberikan berupa Tas Siaga Bencana (TSB), Paket Sembako bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, Disabilitas, Lansia.

"Alhamdulillah, kami dapat berkunjung ke Tanah Bumbu, dengan membawa bantuan antara lain  Tas Siaga Bencana (TSB), Paket Sembako, dan bantuan  beras," terang Safriati.

Ketua Bidang IV TP PKK Pengurus Pusat ini  menjelaskan, program Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana ini  merupakan gagasan dan merupakan program prioritas dari Kelompok Kerja (Pokja) IV TP-PKK Pusat, untuk mendorong Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana.

“Keluarga  Bencana dibina untuk menjadikan seseorang, keluarga atau masyarakat agar mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan dari aspek fisik manusia maupun lingkungannya,”  jelas Safriati.

Lebih lanjut Safriati menjelaskan, gerakan ini bukan lomba, karena kalau lomba hanya fokus untuk memenangkan lomba.Nantinya, setiap provinsi kita dorong untuk minimal ada 1 program prioritas terkait Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana. Selanjutnya, proyek yang terpilih nantinya menjadi percontohan tingkat nasional.

Ditambahkan Safriati, ada sembilan Program Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana yang akan menjadi percontohan. Program tersebut adalah penurunan angka stunting; meningkatkan kesehatan masyarakat; menurunkan angka kematian ibu, bayi dan balita; dalam.rangka  mewujudkan keluarga yang tanggap dan tangguh erhadap bencana rumah tangga.Mewujudkan desa/kelurahan yang tanggap dan tangguh dalam penanganan darurat bencana alam.Meningkatkan komitmen masyarakat guna menjaga kelestarian lingkungan; meningkatkan jumlah peserta KB.Mewujudkan Keluarga yang tanggung dalam perencanaan keuangan; dan meningkatkan kelahiran bayi cukup bulan dan berat normal.

"Saya berharap, TP PKK turun ke lapangan untuk menyosialisasikan dan melakukan simulasi kepada para kader PKK.Seperti sosialisasi program keluarga siaga bencana, bagaimana dapat mencegah maupun melakukan tindakan pertama dalam memghadapi bencana yang sering terjadi di rumah tangga," harapnya.

Sementara Ketua PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj Wahyu Windarti menyampaikan terima kasih atas kunjungan TP PKK Prov Kalsel karena PKK Provinsi  Kalsel memberikan bantuan dan edukasi kepada para kader PKK Kab Tanah Bumbu.

"Kehadiran Ketu PKK Kalsel beserta rombongan kepada masyarakat Tanah Bumbu khususnya, yang tengah menghadapi pandemi. Dan  bantuan yang diberikan merupakan tanda kasih dan perhatian TP PKalsel," ucapnya.(naz)

Lebih baru Lebih lama