Trending

RSUD Balangan Terima Pasokan Puluhan Tabung Berisi Oksigen

 

WAWANCARA: RSUD Balangan terima pasokan Gas oksigen - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balangan kembali terima sebanyak 50 tabung berisikan oksigen dari PT Samator Gas Industri Tanjung.

Sebelumnya pihak RSUD kekurangan pasokan oksigen. Hal tersebut terjadi akibat semakin melonjaknya kasus positif Covid-19 di Bumi Sanggam sehingga berimbas meningkatnya keperluan akan ga oksigen.

Saat dikonfirmasi, Direktur RSUD Balangan Dr. Ferry melalui Kepala Seksi (Kasi) Penunjang Medis RSUD Balangan Irfan mengatakan, jika kelangkaan oksigen di RSUD Balangan ini sudah mulai dari dua minggu yang lalu. Lantaran pasokan oksigen yang diminta tidak sesuai dengan keinginan atau dari pihak penyuplai yang tidak dapat memenuhi jumlah yang dipinta.

“Saat itu kita meminta 50 tabung berisi oksigen dari penyuplai tapi tidak terpenuhi sesuai dengan keinginan,” ungkapnya, Jumat (13/8/2021)

Dikatakan Irfan, biasanya hanya mendapatkan 35 tabung berisi oksigen, yang mana pemakaian rumah sakit perharinya rata-rata menghabiskan 35 hingga 40 tabung oksigen

“Sehingga kalau terpenuhi sesuai dengan kebutuhan ada cadangan setidaknya 10 tabung oksigen," tambahnya.

Untuk saat ini stok ketersedian digudang oksigen milik RSUD Balangan telah habis, namun diruangan perawatan masih ada dan tetap terpasang pada pasien. Pihaknya menghimbau agar para pasien ataupun keluarga pasien jangan khawatir akan ketersediaan oksigen, karena hari ini akan datang tabung oksigen sebanyak 50 tabung.

“Data hari ini untuk yang terpakai ada 41 tabung oksigen dengan kapasitas 6 M³  atwu 6.000 liter dan sudah habis, perharinya kita menghabiskan bisa antara 35 hingga 40 tabung, dan stok tabung di rumah sakit sebanyak 50 buah. Hari ini juga akan datang 50 tabung oksigen, dari PT Samator Gas Industri Tanjung,” ujarnya.

OKSIGEN: Puluhan tabung gas oksigen tiba di RSUD Balangan - Foto Dok

Sementara itu, Direktur RSUD Balangan Dr. Ferry menghimbau, kepada masyarakat bahwa jangan sampai menunggu bergejala berat, tetapi ketika memiliki gejala ringan segeralah untuk berobat ke rumah sakit, jangan menunggu berat.

“Bahwa biasanya pasien Covid-19 yang datang, rata-rata sudah dalam gejala berat,” terangnya.

Dalam hal ini dijelaskan Dr. Ferry, Pemkab Balangan juga turut berpartisipasi membantu pihaknya dengan menambahkan 50 tabung oksigen untuk meminimalisir kekurangan oksigen di RSUD Balangan.

"Untuk saat ini data yang diberikan pelayanan RSUD Balangan, ada sekitar 23 orang pasien terpapar Covid-19 yang memerlukan perawatan dengan oksigen," tutupnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama