Trending

Safrizal Tanam Pohon di Wisata Swarga Loka HSU


 TANAM - Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA saat melakukan penanaman pohon di kawasan wisata Swarga Loka

BANUATODAY.COM.Amuntai - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA bersama  istri,  melakukan penanaman pohon secara simbolis, dalam rangka HUT ke 48 KNPI,  Sabtu (07/08/2021). Lokasi penanaman  di Kawasan Wisata Susur Awang Rawa Gambut dan Lokasi Kerajinan (Swarga Loka) Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).Turut menanam pohon, Pj Ketua TP PKK Kalsel, Safriati Safrizal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, Bupati HSU dan istri, serta Ketua KNPI HSU.

Pondok Pantau Api dibangun untuk  bangunan wisata sekaligus pemantau untuk antisipasi dari kebakaran hutan dan lahan. Selain digunakan  untuk memantau ika ada pembalakan atau penebang pohon di hutan secara ilegal. Dengan tinggi sekitar 5 meter d permukaan rawa maka berada di Pondok Wisata Swarga Loka atau  pondok pemantau api ini memungkinkan wisatawan untuk  melihat seluruh kondisi hutan dan hamparan kebun purun.

Pj Gubernur Safrizal yang datang bersama keluarga mengatakan,  pihaknya mendorong setiap upaya penanaman pohon dari pihak mana pun dan ia pun berharap gerakan menanam pohon ini terus digalakkan.

"Gerakan penanaman pohon, kalau bisa  dipercepat, tentunya akan lebih baik dan mampu menjaga kelestarian lingkungan," ungkapnya.

Dikatakan juga, HSU  salah satu daerah yang unik di Kalsel, karena banyak memiliki rawa dan  cukup sulit  mengelolanya. Namun  potensi jika bisa dioptimalkan, karena rawa sekaligus menjadi area penampungan air yang bermanfaat bagi daerah sekitar.

Safrizal mengimbau agar masyarakat  mengelola sungai atau rawa dengan baik, apalagi dilakukan penataan agar terlihat indah, sehingga menjadi pemandangan yang nyanan dan menjadi daya tarik wisatawan. Ia tak lupa mengapresiasi kerjasama masyarakat di lima desa di Kecamatan Haur Gading, sehingga terkelola agriwisata SwargaLoka di HSU ini.

Rombongan Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA juga merasakan sensasi susur Sungai Awang Rawa Gambut yang terletak di Desa Pulantani dan Desa Tambak Sari Panji Kecamatan Haur Gading sebagai andalan destinasi wisata Swarga LoKa di Hulu Sungai Utara ini.Kawasan ini berada diantara dua sungai yaitu Sungai Tabalong disebelah Timur dan Sungai Barito di sebelah Barat.Perjalanan yang ditempuh dengan perahu mesin bermuatan  maksimal 2 penumpang itu melewati hamparan dataran rendah yang ditumbuhi tanaman purun itu. (naz)

Lebih baru Lebih lama