Trending

Dinas PMPTSP Transnaker Balangan Gelar Pelatihan, Peserta Sangat Antusias

SIMBOLIS: Bupati Balangan H Abdul Hadi menyerahkan tas kepada peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi – Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (PMPTSP Transnaker) menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) bagi pemuda-pemudi di Kabupaten Balangan.

Meski diselenggarakan di Kabupaten Balangan, namun peserta yang mengikuti program tersebut tidak hanya berasal dari Bumi Sanggam saja tetapi juga ada dari Kabupaten tetangga.

Adapun untuk penyelenggaraan pelatihan dilaksanakan sejak hari Senin 7 Februari hingga Selasa 8 April yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). 

Untuk peserta yang mengikuti pelatihan ini ada 96 orang dari 6 cabang pelatihan. Sebagian besar peserta pelatihan berlatar belakang pendidikan SLTA, ada juga berlatar belakang sarjana dan sisanya berlatar belakang SD dan SLTP.

Kepala Dinas PMPTSP Transnaker, H Abiji menuturkan, melalui pelatihan yang digelar tersebut para pencari kerja dapat menciptakan peluang mereka sendiri.

“Arahan kita nantinya tidak hanya untuk bekerja di perusahaan tetapi mampu juga berwiraswasta,” tuturnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga saat ini sedang menjalin komunikasi dengan perusahaan agar nantinya dapat menyalurkan para pencari kerja yang mengikuti pelatihan.

Bupati Balangan, H Abdul Hadi mengatakan dengan pelatihan tersebut nantinya akan menambah subskil para pencari kerja.

“Dengan pelatihan ini akan menambah bekal keterampilan bagi mereka agar bisa menciptakan peluang kerja baru atau wirausaha,” katanya.

Karena, sambung Bupati, setiap tahunnya angka terkecil yang bisa disediakan Pemerintah kurang dari 2 persen sehingga diharapkan dengan pelatihan tersebut para pencari kerja dapat memaksimalkannya.

“Melalui BLK, ke depan kita berharap bisa melahirkan tenaga kerja berstandar perusahaan siap pakai,” harapnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama