Trending

Uniska gelar KKN di Pinggiran Banjarmasin Akses Jalan Masih Tergantung Air Pasang

 

MAHASISWA - Suasana kegiatan kuliah kerja nyata mahasiswa Uniska di Basirih Selatan

BANJARMASIN - Salah satu kawasan  Banjarmasin yang masih terpinggirkan yaitu Basirih Selatan menjadi pilihan Uniska untuk menggelar KKN mahasiswanya.

Diungkapkan H Abdul Hafiz MPd I salah satu dosen pembimbing KKN di Basirih Selatan, kegiatan KKN mahasiswa adalah salah satu program untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di kampus ke masyarakat.

"Kali ini kegiatan di fokuskan di RT 27 Kelurahan Basirih Selatan," jelasnya yang didampingi Rais Muammar.ST MT sebagai dosen pendamping.

Ada beberapa program kerja yang dilakukan yaitu program kerja Islami dan tematik yang mengarah kepada pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Untuk yang Islami kami menggelar kajian Islami kepada masyarakat, pembagian mushaf untuk mushola dan membersihkan tempat ibadah serta mengajar anak-anak baca tulis Al Qur'an," ungkapnya.

Sedangkan program kerja tematik yang dilakukan mahasiswa diantaranya pelatihan pembuatan amplang dari kelapa, pembuatan telor asin hingga pelatihan kerajinan dari sedotan untuk anak-anak dan guru SD.

"Kami juga melakukan pembangunan jembatan titian akses antar jalan di RT 17 dan perbaikan mesin pompa air di mushola dan sekolah dasar," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Hafiz berharap pemerintah daerah bisa lebih optimal dalam membantu masyarakat disana terutama akses jalan yang masih perlu diperhatikan.

" Akses menuju sekolahan SD hanya bisa.dilalui kelotok sehingga kalau air surut maka anak anak.tidak bersekolah," tandasnya.
Sementara itu,. Muhidin Ketua RT 27 atas nama warga mengaku, sangat bersyukur dengan kegiatan KKN mahasiswa Uniska ini.

"Kehadiran mahasiswa Uniska sangat memberikan manfaat untuk masyarakat termasuk anak-anak disini karena mereka diajari membaca dan menulis Al Qur'an," pungkasnya.(Alf/fsl)

Lebih baru Lebih lama