Trending

Harjad Balangan ke -19, Berbagai Program di Launching

 

LAUNCHING :  Bupati Balangan launchig Kartu Balangan PIntar untuk pelajar - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN –  Tepat pada perayaan hari jadi Kabupaten Balangan ke-19, berbagai program dilaunching Pemerintah Kabupaten Balangan.

Bukan hanya melaunching berbagai program, namun pemkab Balangan juga menyalurkan berbagai macam bantuan sosial kepada masyarakat.

"Kita launching dua program unggulan yaitu, program layanan Home Care dan Kartu Balangan Pintar (KBP). Home Care merupakan layanan kesehatan krumah masyarakat dilaksanakan 12 Puskesmas, sedangkan KBP yaitu bantuan buat anak sekolah," ungkap Bupati Balangan, Abdul Hadi, Kamis (19/5/2022).

Selain itu launching secara simbolis beberapa program SKPD lingkup Pemkab Balangan juga dilakukan, yakni program KTP-Ku Datang bagi yang baru saja memasuki usia wajib KTP, serta program layanan administrasi kependudukan bagi penduduk rentan khusus masyarakat desa terpencil.

Dalam rangakaian HUT Balangan juga telah dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan dana CSR Tahun 2022 dari PT Adaro Indonesia dan mitra kerja lainnya seperti PT SIS, PT BUMA dan PT Balangan Coal sebesar Rp 12,431 miliar serta penyerahan bantuan angkutan sampah mini dump CSR tahun 2021 yang diserahkan External Relation Division Head PT Balangan Coal, Thoha didampingi mitra kerja. Selain itu ada juga bantuan dari CSR Bank Kalsel tahun 2022 sebesar Rp 869 juta dan bantuan CSR dari PT BPR Sanggam Cipta Sejahtera tahun 2022 sebesar Rp 18 juta.

Bukan hanya mendapat bantuan, Pemkab Balangan juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan tiga tempat ibadah dan bantuan sosial makan minum untuk tujuh panti asuhan. Ada juga bantuan perahu karet untuk penanggulangan bencana banjir kepada relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK).

Sebagai informasi pembukaan acara ditandai dengan pembacaan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Balangan oleh Ketua Yayasan PPKB, HM Yusuf A, dilanjutkan dengan pemutaran video profil progres kepemimpinan 1 tahun Bupati dan Wakil Bupati Balangan sekarang.

Momen harjad ini juga diresmikan gedung Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Balangan serta aplikasi Batutukar. Aplikasi Batutukar yang sudah tersedia di play store, bertujuan untuk mewadahi semua pelaku UMKM Balangan agar dapat meningkatkan hasil penjualannya sekaligus memperluas pemasaran produk.

Abdul Hadi yang turut disaksikan Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, serta Ketua DPRD Provinsi Kalsel dan Balangan, menandatangani 13 prasasti beberapa Infrastruktur yang sudah dibangun selama satu tahun kepemimpinannya. 

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu jalannya roda pemkab Balangan selama kami pimpin bersama Wabup Supiani. Meskipun masa kepemimpinan kami terhitung singkat, namun kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi Bumi Sanggam sesuai slogan harjad ini yaitu, Bagawi Laju, Banua Maju, Rakyat Katuju,” tukasnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama