Trending

Haul Ganal Satu Kelampayan Sukses Digelar

HAUL -Suasana haul Datu Kelampayan yang dihadiri Alim Ulama dan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor

BANUATODAY.COM.Banjarmsin - Alim ulama yang ada di Banua merasa bersyukur Haul Ganal Datu Kelampayan ke-216 bisa digelar oleh Pemprov Kalsel di Mahligai Pancasila.

Sebagai wujud bersyukur, Habib Ali bin Abdullah Al Idrus mengatakan dengan adanya haul ini, berdoa dan berharap Allah SWT memberikan keselamatan bagi banua Kalimantan Selatan dan mengabulkan segala hajat jamaah yang hadir.

“Insya Allah, semua hajat kita dikabulkan Allah SWT. Diberikan keselamatan, kesehatan dan diangkat semua penyakit,” doa Habib Ali.

Sementara itu, Guru Wildan Salman mengatakan hikmah dari penyelenggaraan jaul ini adalah menyatukan antara ulama dan umara.

Jika kedua elemen ini bersatu insyallah akan memberikan keberkahan dan keselamatan umat sama halnya dengan Datu Kalampayan yang bersinergi dengan pemerintah.

“Haul ini menyatukan Ulama dan Umara. Ulama dan pemerintah. Insya Allah, kalau ulama dan umara bersatu, pemerintahan berjalan baik untuk kemaslahatan umat atau rakyat,” kata Guru Wildan.

Sedangkan Guru Yanor asal Kalua berharapa Haul Datu KH Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kalampayan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan diharapkan masuk kalender tahunan.

“Alhamdulillah haul ini suatu nikmat yang luar biasa dan Ini perlu diteruskan, jangan sampai terhenti di tahun ini, tahun tahun berikutnya harus dilaksanakan lebih meriah,” katanya.

Menurutnya, sosok Datu Kalampayan adalah orang yang sangat berjasa dalam menyebarkan dakwah islam di Banua. (naz/fsl)
 

Lebih baru Lebih lama