Trending

Paman Birin Peduli Disabilitas Banua

PEDULI - Paman Birin saat bertemu dan berdialog dengan penyandang disabilitas

BANUATODAY.COM.Banjarbaru – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin menaruh perhatian yang tinggi terhadap penyandang disabilitas di Banua.

Hal itu dibuktikan Paman Birin dengan bertemu dan berdialog dengan penyandang disabilitas seiring dengan kunjungan Komisi Nasional Disabilitas RI di Aula Abrani Sulaiman Kantor Setdaprov pada Senin (30/5).

Selain menerima rombongan Komnas Disabilitas, tanpa hadir dalam audensi itu perwakilan disabilitas yang ada di Kalsel.

Kehadiran Paman Birin pun disambut gembira perwakikan Komnas Disabilitas dan penyandang disabilitas.

Wakil Ketua Komisi Nasional Disabilitas Deka Kurniawan menyatakan, kedatangan pihaknya ke Kalimantan Selatan untuk bersilaturahmi sekaligus mengapresiasi komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam pemenuhan hak disabilitas.

“Kalsel telah memiliki Peraturan Daerah 4 tahun 2019 nomor tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas sebuah prestasi luar biasa,” katanya.

Menurutnya, Paman Birin merupakan gubernur pertama yang menerima pihaknya selama menjabat 6 bulan setelah dilantik Preside Joko Widodo.

“Dari 6 bulan kami betugas untuk mengawal pemenuhan hak disabilitas baru kali ini, Gubernur Kalsel Paman Birin yang pertama menerima kami, kami tau beliau sangat sibuk,” ucapnya.

Menerima audensi itu, Paman Birin mengatakan, pintu Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sangat terbuka untuk Komisi Nasional Disabilitas.

“Mudah mudahan pertemuan ini bisa terus berlanjut, karena saudara kita disabiltas selalu ada di hati. Kapanpun diskusi, berbagi cerita, berbagi kebahagiaan, kami siap,” ucap Paman Birin.

Menurut Paman Birin, Pemprov Kalsel tidak pernah berpikiran untuk membedakan atau merendahkan para penyandang disabilitas.

“Kita ingin ada kesetaraan dan keseimbangan, Ketika kita punya kelebihan belum tentu kita tidak punya kekurangan, Keseimbangan ini kita jaga, berada di tengah, dan terjadi kolaborasi dalam menjalani kehidupan,” katanya.

Disampaikan Paman Birin, Pemprov Kalsel sangat mendukung jika ada masukan seperti pembuatan Peraturan Gubernur dan rencana aksi.

“Kita sangat mendukung masukan seperti pembuatan Pergub dan rencana aksi, kita siap memberikan dukungan baik moril maupun materil,” sebutnya.(naz/fsl)

 

Lebih baru Lebih lama