Trending

Ajak Masyarakat Lestarikan Tradisi Baayun Maulid

TRADISI - Baayun Maulid tradisi yang harus dilestarikan

BANUATODAY.COM.BANJARBARU – Diiringi lantunan selawat dan syair maulid, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin Baayun Maulid yang diselenggarakan di Museum Lambung Mangkurat di Banjarbaru pada Kamis (20/10) pagi.

Paman Birin pun dipersilakan duduk di tempat baayun yang telah dipersiapkan oleh panitia. Lengkap dengan dekorasi cantiknya.

Saat baayun, paman didampingiWakil Walikota Banjarbaru Wartono pada sisi kiri dan Kepala Disdikbud Kalsel Muhammadun di sisi kanan.

Diiringin lantunan syair maulid dan selawat nabi, Paman Birin diayun secara bersamaan oleh Wartono dan Muhammadun.

Paman Birin menyampaikan rasa bangganya terhadap tradisi Baayun Maulid yang terus dilestarikan di Banua.

“Saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada panitia yang terus melestarikan budaya Baayun Maulud di Banua kita tercinta. Mari kita bersama-sama terus lestarikan,” pesan Paman Birin.

Sebagaimana yang disampaikan panitia Baayun Maulid, tahun ini diikuti 155 peserta yang terdiri dari bayi hingga lanjut usia.

Untuk peserta termuda bayi berusia 11 hari dan tertua seorang nenek berusia 83 tahun. Dengan peserta terjauh dari Kabupaten Tabalong.

“Alhamdulillah minat untuk Baayun Maulid ini melebih target 150 peserta. Ini sebagai bentuk upaya Museum Lambung Mangkurat untuk terus melestarikan budaya dari turun menurun,” kata H Rusmiati, Ketua Panitia.

Baayun Maulid itu juga dirangkai dengan tausiah oleh Ustaz Hendry Atmaja.(naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama