Trending

Menyusul, DKI Jakarta sebagai Juara II dan Kalimantan Selatan sebagai Juara III.

MTQ - Jawa Timur raih juara umum MTX Nasional XXIX di Kalsel

BANUATODAY.COM.BANJARBARU – Provinsi Jawa Timur keluar sebagai Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX yang diselenggarakan tanggal 10-19 Oktober 2022 di Kalimantan Selatan.

Penyerahan piala juara umum dilakukan di Ruang Aberani Sulaiman, Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, pada Rabu (19/10).

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi didampingi Sekdaprov Roy Rizali Anwar menyerahkan penghargaan berupa trophy kepada kafilah Provinsi Jawa Timur, serta Alquran eksklusif kepada pemenang hafalan Alquran 30 juz putera dan puteri.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mewakili masyarakat Kalimantan Selatan mengucapkan selamat kepada kafilah Jawa Timur.

“Dengan keberhasilan kafilah Jawa Timur sebagai juara umum menegaskan bahwa MTQ nasional ke-29 ini merupakan sejarah dan kebanggaan. Karena setelah penantian selama 37 tahun, Jawa Timur kembali menjadi juara umum,” kata gubernur, dalam sambutannya yang dibacakan Sekdaprov.

Kepada kafilah Kalimantan Selatan, gubernur juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras dan prestasi yang diberikan.

Diketahui, Qari dan Qariah terbaik kategori dewasa pada perhelatan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 ini diraih Kalimantan Selatan melalui Muhammad Rizkon dan Hj Raudhah.

Sementara itu, Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi mengapresiasi kesuksesan Kalsel sebagai tuan rumah perhelatan MTQ yang kedua kalinya, setelah lebih dari 50 tahun lamanya.

Wamenag mengatakan, keberhasilan MTQ tidak hanya dinilai dari lahirnya para juara, tetapi bagaimana Alquran diterima oleh masyarakat sebagai nilai-nilai luhur kebaikan.

“Selain keberhasilan mencetak kader Alquran, diharapkan masyarakat semakin mendalami nilai-nilai Alquran,” harapnya. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama