Trending

Hari Kedua Turdes, Warga Teluk Tamiyang Sambut Paman Birin dengan Sukacita

SUKACITA - Paman Birin disambut ramah dengan warga setempat.

BANUATODAY.COM.KOTABARU – Kunjungan ke Desa atau Tur Desa (turdes) berlanjut pada titik kedua. Kali ini Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyambangi kawasan wisata Teluk Tamiyang, Desa Teluk Tamiang, Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, Kabupaten Kotabaru, Jumat (4/11) pagi.

Kedatangan lelaki yang akrab disapa Paman Birin itu disambut sukacita oleh warga setempat. Didampingi Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar dan para kepala SKPD lingkup pemprov.

Paman Birin memulai kunjungan dengan meninjau pelaksanaan sunatan dan pengobatan massal, serta pemeriksaan kesehatan gratis. Kemudian menanam pohon di area wisata terumbu karang dan pasir putih Teluk Tamiyang.

Paman Birin menuturkan, selain untuk menyerap aspirasi masyarakat, Turdes ini bertujuan untuk menanggulangi dan mengantisipasi terjadinya inflasi di Banua.

Ia juga mengapresiasi semangat warga setempat yang dinilainya punya tekad menjadikan kawasan wisata ini lebih bersih dan nyaman dilihat.

“Doakan perjalanan kami (turdes,red) selama lima hari ini, berjalan lancar dan aman,” pinta Paman Birin.

Mewakili masyarakat, Plt Camat Pulau Laut Tanjung Selayar, H Baharuddin menyampaikan rasa gembiranya, atas perhatian gubernur yang berkenan hadir sekaligus memberikan bantuan.

Ia berharap kehadiran Paman Birin dan rombongan bisa membawa perubahan yang baik bagi kawasan ini.  Terutama menjadikan obyek wisata Teluk Tamiyang lebih dikenal masyarakat, baik dalam dan luar daerah.

Pada kesempatan itu, Paman Birin melakukan penyerahan sejumlah bantuan secara simbolis, yakni dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel berupa paket anak sekolah kepada 100 siswa SMA/sederajat.

Sementara, dari Dinas Kesehatan Kalsel yang menggelar bakti sosial sunatan massal untuk 100 anak dan pemberian paket.

Dinas Kesehatan Kalsel turut menyediakan PMT ibu 5 paket dan anak 5 paket, vaksinasi bergerak 500 orang, pengoba massal untuk 100, plus paket bantuan dari BPBD yakin peralatan Desa Tangguh Bencana.

Pemberian paket Dinas Sosial berupa 50 paket sembako juga diserahkan Paman Birin. Ditambah sumbangan Dinas Pemuda dan Olahraga berupa alat olahraga.

Adapun Dinas Pariwisata menyampaikan hibah bangunan penunjang wisata 4 unit, dan Dispersip membantu 107 buku perpustakaan.

Dinas TPH menyediakan bantuan bibit buah, hand sprayer, dan mesin potong rumput gendong. Sementara Dinas PMD membantu alat mitigasi bencana berupa handy talky (HT).

Selepas istirahat salat Jumat di Teluk Tamiang, perjalanan lanjut ke Desa Tanjung Seloka Kecamatan Pulau Laut Selatan Kotabaru.

Bantuan Dinas Pendidikan diserahkan.  Berupa paket anak sekolah untuk 60  siswa, dan paket anak sekolah SMA sebanyak 70. Dinas Sosial pun membagikan 50 paket sembako.

Di SMAN 1 Kotabaru, Dinas Pemuda dan Olahraga memberi bantuan berupa alat olahraga. Dinas Pendidikan juga menyediakan paket anak sekolah SMA untuk 100 siswa. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama