Trending

Hutan Kota Balangan Ditanami Jenis Pohon Langka

 

PENANAMAN: Aksi memperingati hari menanam pohon Indonesia tahun 2022 - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balangan melalui Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup melakukan penanaman pohon jenis tanaman langka di hutan kota Balangan, Kecamatan Paringin, Senin (28/11/2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari menanam pohon Indonesia tahun 2022 yang digelar secara serentak. 

Adapun dari beberapa jenis tanaman yang ditanam terdapat pohon langka yakni dari jenis Tampang Susu, Kasturi, Bubuku, Luwi, Puyian, Tandui, Si Lulung, Ginalun, Asam Buluh, Kungkus, Rambai, dan Katitiwar yang merupakan jenis tanaman endemic di Balangan untuk disebar dibeberapa titik di hutan kota.

Secara simbolis penanaman pohon dilakukan oleh Setda Balangan H Sutikno, dan diikuti oleh para pimpinan SKPD dilingkup Pemkab Balangan, PT Adaro Indonesia, Kejari Balangan, Dandim 1001/HSU-BLG, perwakilan sekolah adiwiyata, serta dari undangan mitra kerja lainnya. 


“Alhamdulillah hari ini kita telah menyelesaikan semua acara yang sudah kita rencanakan penanaman pohon dan kita menyaksikan semua didukung oleh seluruh intansi baik dari vertikal maupun kawan-kawan perusahaan dari PT Adaro Indonesia dan mitra kerja, perbankan, kemudian dari kepolisian, TNI, termasuk seluruh jajaran Forkopimda dan kawan-kawan dinas yang hadir pada hari ini,” ujar Setda Balangan H Sutikno yang mewakili selaku Bupati H Abdul Hadi.


Ia berharap, melalui penanaman pohon di hutan kota ini akan berdampak positif kepada lingkungan dan masyarakat. Sebab tanaman ini bakal memberikan udara segar di kota Balangan.

“Kita Balangan adalah daerah penyangga jadi tentu saja kita akan selalu lanjutkan setiap tahunnya program penanaman ini karena memang betul-betul nanti akan kita upayakan bahwa Balangan ini tidak terkesan daerah yang dikategorikan daerah tandus," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan Musa Abdullah menyebutkan tepat tanggal 22 November kemarin sudah dimulai penamaannya.

“Aksi penanaman pohon ini dimulai dibulan November dan berikutnya kita lanjutkan sampai di Desember akhir, semoga ini dapat memberikan edukasi terhadap anak didik kita yang sekolah adiwiyata pentingnya penghijauan lingkungan bagi kehidupan," tutupnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama