Trending

Kendalikan Inflasi, Paman Birin Pimpin Langsung Gerakan Turun ke Desa (Turdes)

RAKOR - Sekda Kalsel memimpin rakor pemantapan turdes.

BANUATODAY.COM.BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memantapkan rencana kegiatan turun ke desa (turdes) yang akan dipimpin Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor ke Kabupaten/Kota se- Kalsel yang akan dilakukan pada tanggal 3 s.d 7 November 2022.

Rapat koordinasi pemantapan dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar dan dihadiri para asisten, staf ahli gubernur, dan kepala SKPD di Gedung Idham Khalid Kantor Setdaprov Kalsel pada Rabu (2/11).

Rakor ini membahas persiapan pelaksanaan turdes, mulai rute-rute yang dilewati, titik lokasi yang disinggahi, bantuan yang akan diserahkan, para mekanik, stok BBM dan sebagainya.

Roy menyampaikan, turdes dalam rangka pengendalian inflasi ini selain meyapa masyarakat di tiap-tiap kabupaten, Gubernur Kalsel juga akan menyerahkan bantuan pada setiap titik.

Selain itu, turdes ini nantinya juga akan memecahkan rekor MURI dengan kategori turdes dengan estafet terpanjang.

“Seluruh kepala SKPD wajib ikut dalam kegiatan turdes, dengan tim masing-masing,” ujar Roy yang didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kalsel, Nurul Fajar Desira dan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Informatika, Faried Fakhmansyah yang menjelaskan seluruh rangkaian kegiatan.

Dalam rapat, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, drh Suparmi memastikan persiapan di titik yang menjadi tangung jawabnya, sudah dilakukan koordinasi dengan pihak terkait dan dinyatakan persiapan sudah rampung.

Sedangkan dari Dinas Perhubungan Kalsel, sudah memaksimalkan petugas dalam memback up rombongan turdes, termasuk koordinasi jajaran terkait.

Sementara, dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, akan mempersiapkan peralatan olahraga untuk dibagikan di 9 kabupaten, ditambah kegiatan pembukaan Porprov Kalsel.

“Kalau satu dibantu, ya dibantu semua,” pesan Roy.

Diperkirakan akan terlibat dalam kegiatan, sedikitnya 150 kendaraan roda dua dan 109 mobil.

Dalam rapat, Faried Fachmansyah menyebutkan, Turdes kali ini akan memecahkan rekor MURI untuk jarak tempuh turdes terpanjang dari kegiatan-kegiatan yang sama sebelumnya.

Tiap titik yang disebut singgahi akan dilakukan penanaman pohon oleh Paman Birin, penyerahan bantuan peralatan olahraga dan paket sembako.

Di akhir rapat, Fajar Nurul Desira mengingatkan terkait faktor keselamatan rombongan yang perlu diperhatikan dengan mengatur kecepatan kendaraan, tidak di luar jalur, titik istirahat, dan sebagainya.

Turdes dimulai dari Kantor Gubernur Kalsel di nol kilometer Banjarmasin, Kamis (3/11/2022) pukul 08.00 Wita menuju Sungai Cuka Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut, lanjut ke Tanah Bumbu, Kotabaru, dan Hulu Sungai Selatan, dan seterusnya. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama