Trending

Wawali dan Rombongan Ikuti Rakernas ke-IX JKPI 2022

RAKERNAS - Wawali H Arifin Noor saat mengikuti Rakernas JKPI.

BANUATODAY.COM.BANJARMASIN - Wakil Walikota Banjarmasin H Arifin Noor didampingi sejumlah pejabat di jajaran Pemerintah Kota Banjarmasin, menghadiri Rakernas ke- IX Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) tahun 2022, di Hotel Aryaduta Palembang, Kamis 3 November 2022. Rakernas JKPI kali ini dihadiri oleh 73 Kab/Kota se-Indonesia.

Acara Rakernas JKPI dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Mawardi Yahya. dalam kesempatan tersebut beliau mengatakan siapa lagi yang akan melestarikan kebudayaan kita, kalau bukan kita sendiri. Ia menegaskan, Pemprov Sumsel, sangat berkomitmen dalam melestarikan budaya.

Wali Kota Palembang, H Harnojoyo dalam sambutannya juga menyampaikan selamat datang kepada peserta Rakernas JKPI sekaligus ucapan terima kasih atas ditunjuknya Kota Palembang sebagai tuan rumah Rakernas IX JKPI tahun 2022.

Menurutnya, sedikitnya 23 fakta sejarah yang mendukung Kota Palembang sebagai kota pusaka, dan kedepannya juga akan berkomitmen untuk menjaga dan melestarikannya.

Ketua Presidium JKPI, Dr H Bima Arya Sugiarto, memaparkan dua keunggulan Bangsa Indonesia yang tidak dimiliki negara-negara lain, Keunggulan Pertama , setiap kota ataupun daerah di indonesia punya cerita atau narasi tentang sejarah, budaya maupun adat-istiadatnya, bahkan beberapa tempat yang memiliki narasi yang luar biasa.

Keunggulan kedua yaitu domestik market. Beberapa negara harus mengincar turis mancanegara sebagai pasarnya, sedangkan di Indonesia target domestiknya tidak mesti turis dari luar,"tetapi potensi turis domestik pun masih sangat besar," ujar Bima Aria.

Ia mengungkapkan, kekayaan alam bisa habis, demikian pula sumber daya alam (SDA). Penurunan inflasi bisa saja terjadi setiap saat, tetapi sumber cagar kebudayaan tidak akan pernah ada habisnya dan bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Prosesi pembukaan Rakernas JKPI 2022 ditandai dengan menabuh Tipani oleh Wakil Gubernur Sumatra Selatan, Perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset, dan Teknologi, Walikota Palembang, diiringi dengan tabuhan rebana oleh kepala daerah yang hadir, dilanjutkan dengan foto bersama.

Berbagai kegiatan mewarnai agenda Rakernas tahun 2022, salah satunya bazar dan pagelaran Budaya serta permainan tradisional bdi halaman Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang yang menyuguhkan pagelaran Seni dan budaya dari 73 kabupaten/kota se-Indonesia yang ikut berpartisipasi pada JKPI Tahun ini, Seminar nasional, karnaval budaya, safari subuh, hingga City Tour sekitar Kota Palembang.

Pada rangkaian kegiatan kali ini Ikut mendampingi Wakil Wali Kota, Diantaranya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Al-Haq, Kepala Dinas Koperasi, UMK dan Tenaga Kerja Banjarmasin, Muhammad Isa Anshari, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, SSTP, MSi, dan Instansi terkait lainnya. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama