Trending

Memulai Usaha Bersama BTPN Syariah, Mudah dan Tanpa Agunan

 

KUNJUNGAN: Perwakilan BTPN Syariah mengunjungi nasabah Inspiratif di Jl Banua Anyar Banjarmasin - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - BTPN Syariah menjadi solusi keuangan syariah untuk semua umat melalui produk Tepat Pembiayaan Syariah.

Hal tersebut disampaikan oleh Corporate Communication Head BTPN Syariah Ainul Yaqin, Ia mengatakan BTPN Syariah merupakan pembiayaan prasejahtera produktif yang diberikan berkelompok dan tanpa jaminan untuk modal usaha bagi masyarakat prasejahtera produktif khususnya perempuan yang ada di pedesaan atau pinggiran kota di berbagai daerah di Indonesia untuk memulai usaha atau meningkatkan usaha mikronya.


"Kami menyebutnya program Tepat Pembiayaan Syariah. Pembiayaan berkelompok ini memiliki tujuan untuk membangun 4 karakter pada diri nasabah, yaitu Berani berusaha, Disiplin, Kerjasama dan Saling Bantu," ucap Ain, Kamis, (8/12/2022) lalu.


Ain menjelaskan, tidak hanya memberikan akses keuangan dan modal usaha, Tepat Pembiayaan Syariah juga mengupayakan pemberdayaan melalui Pelatihan dan Pendampingan yang berkala di bidang pengetahuan keuangan, kewirausahaan dan kesehatan. 

Tepat Pembiayaan Syariah memiliki paket komplit untuk memberikan perubahan kehidupan nasabah prasejahtera seperti, Paket Keuangan, Program Pemberdayaan, Sistem Keanggotaan dan Pendampingan.

"Garis besarnya, nasabah diberikan pinjaman melalui proses, kemudian dikembalikan dalam bentuk angsuran dua mingguan. Selama berlangsung pinjaman, nasabah didampingi berkelanjutan dan diberikan edukasi, selain itu nasabah dikelompokkan dalam satu sentra yang anggotanya dipilih sendiri oleh nasabah, dipimpin oleh Ketua Sentra yang dipilih oleh anggota sentra dan yang terakhir setiap sentra akan didampingi oleh petugas lapangan terlatih yang biasa disebut Community Officer," jelas Ain.

KUNJUNGAN: Corporate Communication Head BTPN Syariah Bapak Ainul Yaqin mengunjungi salah satu nasabah Inspiratif BTPN Syariah dengan usaha sasirangan di Sentra atau kelompok AKT Banjarmasin, didampingi Kepala BTPN Syariah Kalselteng Bapak Deden - Foto Dok

Ain membeberkan, BTPN Syariah memberikan kepada nasabah golden tiket umroh kepada lebih dari 300 nasabah inspiratif dalam 1 pesawat, yang akan diberangkatkan di Bulan Februari 2023 mendatang.

"Reward ini merupakan bukti apresiasi dari BTPN Syariah mewujudkan mimpi dari upaya dan kerja keras para nasabahnya," tambah Ain.

Sejak 2015, BTPN Syariah sudah melebarkan sayapnya ke Kalimantan. Khususnya di Kalsel, hingga Desember 2022 pembiayaan yang sudah tersalurkan lebih dari 110 Miliar kepada lebih dari 33 Ribu perempuan keluarga prasejahtera produktif yang dilayani dan tumbuh bersama BTPN Syariah

Sebagai informasi, dibentuk melalui proses konversi PT Bank Sahabat Purba Danarta dan spin off Unit Usaha Syariah BTPN pada 14 Juli 2014, BTPN Syariah menjadi Bank Umum Syariah ke 12 di Indonesia. 

Satu-satunya bank di Indonesia yang memfokuskan diri melayani keluarga prasejahtera produktif yang memiliki potensi target market lebih dari 40 juta jiwa, yang biasa disebut 'unbankable', karena tidak memilki catatan keuangan dan dokumentasi legal. Hal ini sebagai tantangan sekaligus peluang.

Dengan hanya memiliki 25 cabang di seluruh Indonesia, 47 Kantor Fungsional Operasional, namun bank memiliki hampir 12.000 karyawan yang menjemput bola di hampir 70% total kecamatan di Indonesia siap mempermudah masyarakat dalam meningkatkan perekonomiannya dengan dibantu oleh karyawan Community Officer Bank atau yang biasa disebut Melati Putih Bangsa.

"Semoga BTPN Syariah terus melayani dengan profesional dengan sepenuh hati, menerapkan tata kelola yang baik dan sesuai dengan prinsip syariah yang memberikan manfaat bagi umat," tukas Ain. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama