Trending

Kecamatan Batumandi Menggelar Musrenbag

FOTO BERSAMA: Para peserta dan jajaran terkait hadir di Musrenbag - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balangan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 tingkat kecamatan di ruang Gedung Serbaguna, Kecamatan Batumandi, Kamis (26/1/2023).

Dalam musrenbang, mayoritas masyarakat Kecamatan Batumandi mengajukan usulan terkait pembangunan infrastruktur di desanya masing-masing.

Namun, Camat Batumandi Abdul Khair yang hadir dalam acara ini berharap musrenbang kali ini menjadi wadah pembahasan berbagai usulan warga terkait perbaikan jalan yang ada di Kecamatan Batumandi yang akan terealisasi.


“Karena dalam beberapa usulan yang disampaikan perlu adanya pembicaraan dan koordinasi lebih lanjut oleh dinas terkait tentunya bukan karena dari segi anggarannya saja akan tetapi usulan mana yang lebih utama harus direalisasikan dari beberapa usulan yang disampaikan dalam musrenbang kecamatan,” sebutnya.


Ia menjelaskan, musrenbang tingkat kecamatan ini sekaligus menjadi wadah untuk menyampaikan beberapa usulan desa guna perkembangan program pembangunan di desa dan sebagai temapt mencari solusi bersama dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul.

“Diharapkan dengan adanya musrenbang ini, aparat desa bisa melaksanakan tugas sesuai fungsi masing-masing guna suksesnya program pembangunan desa, kami juga akan kawal usulan dalam musrenbag hingga ketingkat selanjutnya,” katanya.

Ia mengatakan, dana anggaran hasil usulan musrenbang nantinya akan diprioritaskan bukan hanya untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan saja sebagian akan di prioritaskan juga untuk bantuan sosial.

Menurutnya, ada beberapa usulan yang dibahas dalam musrenbang. Di antaranya adalah usulan pembangunan infrastruktur Jalan Usaha Tani (JUT) dan perbaikan jalan lintas provinsi yang ada di beberapa desa .

Lebih lanjut, Abdul Khair meminta pemerintah daerah bukan hanya memberikan bantuan saja akan tetapi juga ikut memantau jalannya perkembangan bantuan yang disalurkan dan perbaikan jalan yang termasuk dalam usulan pembangunan infrastruktur nantinya .

“Apakah sudah benar-benar dilaksanakan sesuai anggaran yang sudah disediakan,” ujarnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama