Trending

Keberadaan Food Estate di Kapuas Berdampak Positif Bagi Masyarakat

SAMBUTAN: Bupati Kapuas memberikan sambutannya - Foto Dok 


BANUATODAY.COM, KUALA KAPUAS - Masuknya program food estate atau ketahanan pangan nasional di Kabupaten Kapuas bakal berdampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat menuturkan  masuknya program nasional di kabupaten Kapuas tentunya membawa kebaikan bersama terutama pertanian, infrastruktur jalan, irigasi.


"Kita sangat mengapresiasi dan merasa bangga bahwa Kapuas bisa menjadi kawasan ketahanan pangan nasional serta dapat menambah pengalaman bagi masyarakat dengan cara modernisasi pengolahan lahan," kata Ben Brahim, Kamis (23/2/2023).


Ben Brahim menilai pengolahan lahan ini akan mampu mengatasi kebutuhan berbagai daerah nantinya.

"Tentunya diperlukan infrastruktur jalan yang memadai, sehingga masuknya program ini harus didukung terbangunnya infrastruktur jalan dan irigasi-irigasi yang kokoh," ujarnya.

Menurutnya, program food estate dengan anggaran pusat ini telah memajukan kabupaten Kapuas. Kita bersyukur masuknya foot estate di Kapuas tidak hanya mengharap dana APBD Kabupaten.

"Jadi, dengan adanya program tersebut, kini pemerintah daerah bersama dengan Anggota DPR RI Dapil Kalteng Ary Egahni Ben Bahat berupaya memberikan bantuan berupa alat pertanian guna menunjang para petani serta mendukung agar hasil pertanian dapat dipasarkan dengan cepat," ungkapnya.

Selain itu, Food estate juga menjadikan lahan yang sebelumnya tidak difungsikan menjadi lebih produktif. Oleh karena itu, perlu adanya dinas terkait untuk selalu memberikan informasi dan edukasi berkenaan tentang pengelolaan lahan dan penanganannya.

"Sebab bantuan seperti alat pertanian yang telah disalurkan tentunya tidak semua masyarakat memahami sehingga diperlukan bimbingan agar penggunaannya dapat dilakukan secara maksimal, sehingga ke depan menjadi petani yang sukses dan mandiri," tukasnya. (sur/fsl)

Lebih baru Lebih lama