Trending

Musrenbang Kecamatan Selat Digelar, 49 Usulan Diajukan

 

KEGIATAN: Suasana Musrenbag di kecamatan Selat - Foto Dok

BANUATODAY.COM, KUALA KAPUAS - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 tingkat Kecamatan Selat telah dilaksanakan. 

Dibuka secara langsung oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat yang diwakili Kepala Bappeda Litbang Kapuas Drs Catur Feriyanto, M. Si di Aula Kantor Kecamatan Selat Jalan Tambun Bungai, Rabu (1/2/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Selat Yaya Setiabudi, S. Sos, MA, Kepala BPKAD Kapuas Drs Yan Hendri Ale, Kepala SOPD, Forkopimcam, Lurah, Kades dan sejumlah perangkat daerah, Lurah dan Kepala desa se-Kecamatan Selat, para Ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama.

Kepala Bappeda Litbang Kapuas, Drs Catur Feriyanto, M.Si menyampaikan, kunci dari Musrenbang itu adalah kebersamaan antar pemangku kepentingan di dalam satu desa atau kelurahan.


"Karenanya Musrenbang ini salah satunya sebagai upaya melakukan kegiatan yang datang dari masyarakat dan dihimpun melalui ini," ucap Catur Feriyanto.


Untuk itulah dirinya berharap seluruh pemangku kepentingan berkaitan Musrenbang ini dapat bersama-sama menentukannya dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan utama di masing-masing kelurahan ataupun desa di wilayahnya.

"Karena ini juga berkaitan aspirasi masyarakat setempat dalam hal pembangunan di Kabupaten Kapuas ini," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Selat Yaya Setiabudi, S. Sos, MA mengatakan dalam laporannya, ada 49 usulan yang skala prioritas yakni pertama Bidang Infrastruktur 28 usulan yang terdiri jalan dan jembatan, pelabuhan/dermaga, irigasi, listrik, telekomunikasi, air bersih, sanitasi, perumahan dan pemukiman.

"Ke dua pada  Bidang Pendidikan 7 usulan, ke tiga Bidang kesehatan 4 usulan, ke empat Bidang Ekonomi dan Pemberdayaan 2 usulan yang terdiri dari pertanian, ketahanan pangan, kehutanan, perkebunan, perikanan, pertambangan, perdagangan dan ketenagakerjaan.

"Sedangkan ke lima Bidang administrasi pemerintahan, 7 usulan terdiri dari pemerintahan kelurahan dan desa, lembaga adat dan kelembagaan sosial dan  yang terakhir ke enam Bidang lain-lain 1 usulan, total keseluruhan 49 usulan," jelas Camat Selat. (sur/fsl)

Lebih baru Lebih lama