Trending

PDAM Balangan Sediakan 1000 Sambungan Gratis Bagi Masyarakat

 

FOTO BERSAMA: Direktur PDAM Balangan bersama jurnalis Bumi Sanggam - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Balangan berkomitmen akan sediakan 1000 sambungan gratis untuk masyarakat di Bumi Sanggam.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur PDAM Balangan Arie Widodo. Ia juga mengatakan dengan adanya dukungan pemkab Balangan pihaknya optimis program tersebut akan terealisasi sesuai dengan visi misi Bupati Balangan.


"Kita akan upayakan pemasangan gratis bagi masyarakat, baik berpenghasilan rendah atau menengah, tidak menutup kemungkinan masyarakat yang berpenghasilan tinggi juga bisa memanfaatkan program tersebut. Sebab program tersebut untuk meningkatkan investasi PDAM, untuk biaya bulanan tetap dikenakan sebagai operasional perawatan dan untuk PAD," ungkapnya, Selasa(7/2/2023).


Arie juga mengatakan bahwa untuk teknis pemasangan dilakukan secara bertahap diawali 3 bulan pertama dengan target 300 kuota dan 3 bulan seterusnya hingga 1000 kuota.

"Bagi masyarakat yang berminat bisa datang langsung ke PDAM Balangan, melengkapi berkas persyaratan, nanti petugas PDAM yang akan memverifikasi di lapangan," tuturnya.

PDAM Balangan sendiri sebenarnya berharap untuk masyarakat yang masih meggunakan air sumur untuk bisa mengambil kesempatan ini, sebab dari segi kesehatan jelas jauh berbeda untuk dikonsumsi. 

"Berdasarkan perhitungan BPKP ada sekitar 58% masyarakat yang belum menikmati air bersih, jadi kita usahakan dengan pemasangan PDAM gratis angka tersebut bisa turun," ujarnya. 

Pihaknya juga akan menerapkan pendataan khusus untuk masyarakat yang memiliki identitas KTP sebagai bukti pemasangan secara gratis, sebab sambungan tersebut dibagi dalam beberapa Kecamatan 

"Untuk pemasangan sambungan PDAM gratis nanti kuota nya akan dibagi untuk beberapa kecamatan, diutamakan untuk masyarakat Balangan yang mempunyai KTP Balangan," pungkasnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama