Trending

Program Babungas Kolaborasi Bupati Balangan dan Bank Kalsel Bakal Dilaunching

 

WAWANCARA: Kepala Kantor Bank Kalsel Cabang Paringin, Agus Setiawan di dampingi Kepala Koordinator UMK Cabang Paringin Muhammad Rifani - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN – Bank Kalsel Cabang Paringin buka program pinjaman tanpa bunga dan bebas biaya administrasi (Babungas) untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Bumi Sanggam. 

Program yang digadang-gadang dan satu-satunya di Indonesia ini di inisiator oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi dengan nama program Babungas yang artinya "Bausaha Bebas Bunga dan Bebas Biaya Administrasi"

Adapun program tersebut, rencananya akan dilaunching pada tanggal 20 Februari 2023 di Kantor Bank Kalsel Cabang Paringin dan akan dilakukan testimoni langsung oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi kepada para pelaku UMKM di Balangan. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Bank Kalsel Cabang Paringin, Agus Setiawan di dampingi Kepala Koordinator UMK Cabang Paringin Muhammad Rifani saat dikonfirmasi beberapa media diruang kerjanya, Selasa (14/0/2023) siang. 


“Jadi kalau kami mengikuti program Bupati untuk memajukan UMKM di Balangan, kita berkoordinasi juga dengan BPR Sanggam karena sama-sama memiliki program pinjaman tanpa bunga dan bebas biaya administrasi,” ujarnya. 


Agus menjelaskan program ini berkolaborasi dengan BPR Sanggam yang memberikan pinjaman tanpa bunga ini dari Rp1 juta sampai dengan Rp10 juta, sedangkan dari Bank Kalsel meneruskan pinjaman dari Rp10 juta hingga Rp50 juta. 

Untuk mekanisme ungkapnya, tetap sama seperti biasa, artinya kita melihat usaha bukti fisiknya, usaha yang jelas benar-benar ada bukan fiktif dan sudah berjalan, penduduk Kabupaten Balangan secara administrasi, kemudian tidak ada pinjaman di bank lain, berusia maksimal 50 tahun serta kalaupun ada pinjaman dilain tentunya bagus pembayarannya.

“Artinya tidak ada pinjaman bermasalah di bank lain dimana pun itu, karena akan terdeteksi yang namanya BI-Cheking,” tukasnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama