Trending

Berbagai Lomba Bakal Meriahkan Harjad ke-217 Kabupaten Kapuas

WAWANCARA: Plt Kepala Disbudpora Kabupaten Kapuas Agusthe - Foto Dok

BANUATODAY.COM, KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) akan mengadakan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung.

Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari Jadi ke-217 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kabupaten Kapuas.

Plt Kepala Disbudpora Kapuas Agusthe mengatakan, kegiatan akan dilaksanakan maksimal pada pertengahan bulan Maret 2023, karena tahun sebelumnya terkendala pandemi covid-19. 

Adapun dalam festival Tingang Menteng Panunjung Tarung ini meliputi Lomba Jagau Linga- Bawi Kameloh , menyipet, karungut, tarian pedalaman, kuntaw (Lawang Sakepeng), balogo, dan bagasing.


"Itu semua adalah budaya atau permainan tradisional yang harus kita lestarikan dan kembangkan," kata Agusthe, Kamis (2/3/2023).


Lebih lanjut, dia menjelaskan kegiatan ini akan diikuti 17 Kecamatan se Kabupaten Kapuas dan dilaksanakan di Kuala Kapuas. Dalam pelaksanaannya, untuk tari pesisir dan karungut rencananya digelar di GOR Panunjunng Tarung, sedangkan lomba lainnya dilaksanakan di lapangan stadion Panunjung Tarung, yang dimulai pada tanggal 12 Maret - 18 Maret 2023. Selain itu nanti juga akan ada upacara ritual Mamapas Lewu dan Laluhan. (sur/fsl)

Lebih baru Lebih lama