Trending

Banjarmasin Tertinggi di Kalsel Kasus Kekerasan pada Perempuan dan Anak



ILUSTRASI kekerasan pada anak (Net)


BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Kota Banjarmasin tercatat memiliki angka tertinggi untuk kasus kekerasan pada perempuan dan anak di Provinsi Kalimantan Selatan.

Dari 118 kekerasan perempuan dan anak dari seluruh kabupaten/kota di Kalsel, Banjarmasin membubukan angka 24 kasus.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA-KB) Kalsel, Adi Santoso, di Banjarbaru, Senin (8/5/2023).

"Hingga Mei 2023, Pemprov Kalsel melalui DPPPA-KB telah menangani laporan kasus tindak kekerasan sebanyak 118 kasus atau 129 jiwa, di antaranya 30 korban laki-laki dan 99 korban perempuan," jelasnya.

Adi melanjutkan, “Berdasarkan data tersebut, tercatat Kota Banjarmasin menjadi kabupaten/kota dengan kasus tertinggi sebanyak 24 kasus.” 

Adi menyebutkan, jenis kekerasan paling banyak pada kekerasan psikis dengan 50 korban, kekerasan seksual sebanyak 45 korban dan kekerasan fisik sebanyak 29 korban.

“Sedangkan jumlah korban kekerasan terhadap anak sebanyak 81 korban,” ucap Adi.

Guna mengatasi hal tersebut, kata Adi, DPPPA-KB sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengambil langkah dengan menjalankan pelayanan penanganan kasus yang dalam hal ini dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Provinsi Kalsel serta dengan menyuarakan dan kampanye anti kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Kita secara aktif melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat serta melakukan penguatan koordinasi kepada stakeholder terkait, dan Unit Pelaksana Urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kabupaten/kota se-Kalsel,” ujar Adi. (tn/enw)

Lebih baru Lebih lama