Trending

Nikmati Wayang Kulit Dalang dari Klaten, Wali Kota Aditya Ingin Lestarikan Budaya di Banjarbaru


LAKON - Penyerahan Wayang dengan Lakon Semar oleh Wali Kota Banjarbaru H. M. Aditya Mufti Ariffin kepada Dalang Ki Dalang Bagong Darmono. (Dok. Media Center Banjarbaru)

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Perayaan hari jadi Kota Banjarbaru ke-24 kembali suguhkan hiburan untuk rakyat, kali ini Pentas Budaya Wayang Kulit dengan lakon “Semar Mbangun Khayangan” yang dibawakan oleh Ki Dalang Bagong Darmono dari Klaten Jawa Tengah, berlangsung di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru, pada Sabtu malam (13/5/2023).

Tampak hadir Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin beserta Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono kemudian Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, H. Said Abdullah, Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Fadliansyah dan Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru.

Pentas Wayang dimulai dengan penyerahan Wayang dengan lakon Semar oleh Wali Kota kepada Dalang, yang mana dalam kesempatan ini Aditya menyampaikan sambutannya, bahwa dengan keberagaman suku dan budaya masyarakat Kota Banjarbaru, akan tetap mempertahankan nilai-nilai budaya dan akan tetap bersatu di dalam BhinekaTunggal Ika.

“Pagelaran wayang ini diadakan dengan maksud agar kita dapat menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia khususnya di kota Banjarbaru dan sebagai media untuk mempersatukan kita semua,” ungkapnya.

Sementara itu Wartono berharap bahwa lakon wayang kulit pada malam hari ini semoga dapat bersinergi dengan pembangunan Kota Banjarbaru yang saat ini menjadi ibu kota provinsi.

“Lakon pada malam hari ini mengambil lakon semar mbangon kayangan, ilustrasinya karena Banjarbaru ini sebagai ibu kota provinsi maka kami ingin membangun kota Banjarbaru seperti di lakon semar mbangon kayangan,” tambahnya.

Keantusiasaan dan ketertibaan masyarakat terhadap pentas seni pagelaran wayang menjadi pertimbangan Aditya untuk kembali menggelar event serupa di tahun selanjutnya. (nt/win)


Lebih baru Lebih lama