Trending

Paman Birin Lantik Pengurus KKB Jatengh, Ungkap Alasan Populerkan Istilah 'Kalsel Babussalam'

 

22052023-BANUATODAY.COM- Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menghadiri pelantikan pengurus KKB Jateng di Semarang. Dok Setdaprov.png
PELANTIKAN - Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menghadiri pelantikan pengurus KKB Jateng di Semarang. Dok Setdaprov.png

BANUATODAY.COM, SEMARANG - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin selalu Ketua Dewan Pusat Kerukunan Bubuhan Banjar (KKB) se-Dunia melantik pengurus KBB Jateng periode 2022 - 2027 di Metro Park Hotel Semarang (Mutiara ballroom Lt.3) Jalan KH Agus Salim Nomor 2-4, Kauman, Semarang.

Paman Birin dalam sambutannya, pertemuan ini merupakan momentum langka yang harus dimanfaatkan menjalin silaturahmi dan mempererat hubungan sesama warga perantau di Jateng.

"Sebentar lagi ibukota negara berpindah dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara Provinsi Kalimantan Timur, yang berbatasan langsung dengan Kalsel, tepatnya di Kabupaten Tabalong dan Tanah Bumbu," ujar Paman Birin.

Meskipun Kalsel tidak terpilih sebagai pusat IKN, kata Paman Birin, namun akan menjadi daerah penyangga sekaligus gerbang IKN.

BACA JUGA : Disetujui Kementerian PUPR, Akses Jalan Bandara Syamsuddin Noor Rampung 2024

Itulah alasan Paman Birin mempopulerkan istilah "Kalsel Babussalam".

Diketahui, saat ini Bubuhan Banjar di Jateng khusus di Kota Semarang, tercatat mencapai 450 KK atau sekitar 1.000 jiwa.

Sedangkan mahasiswa Kalsel mencapai 200 orang yang tersebar di PTN/PTS.

Penting disampaikan ujarnya, KBB Jateng sampai sekarang masih kesulitan mendapatkan pakaian dan aksesoris khas Banjar untuk berbagai keperluan seperti memenuhi undangan even pameran tingkat provinsi maupun kota.

Kehadiran Paman Birin di tengah-tengah bubuhan Banjar perantauan ini tidak dengan tangan kosong. Dibawakan 400 biji bingka beraneka rasa, puluhan kue lam bakar, kain sasirangan, baju kaos bertuliskan Kalsel Babussalam, dan laung (topi khas Banjar). (nt/enw)

BACA JUGA : Wali Kota Banjarmasin Studi Banding Layanan Publik Banda Aceh


Lebih baru Lebih lama