Trending

Paman Birin Pimpin Upacara HUT Ke-74 Proklamasi ALRI, Tabur Bunga di Makam Hasan Basry

17052023-BANUA TODAY- Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor didampingi Ketua DPRD Kalsel H Supian HK menabur bunga di makam Brigjen H Hasan Basry. Dok Diskominfo Kalsel.jpeg
TABUR BUNGA - Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor didampingi Ketua DPRD Kalsel H Supian HK menabur bunga di makam Brigjen H Hasan Basry, Rabu (17/5/2023). (Dok Diskominfo Kalsel)


BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan peringatan HUT Ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2023.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam kesempatan tersebut mengatakan, Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI sebagai bentuk perlawanan kepada penjajah dan juga pernyataan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Proklamasi 17 Mei 1949 merupakan sejarah penting bagi rakyat Kalsel. Dalam proklamasi itulah, muncul pernyataan dan penegasan bahwa gerilya ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan benar-benar ada dan mempunyai kekuatan,” ucap Sahbirin, Banjarbaru, Rabu (17/5/2023).

Dikatakan Sahbirin, setiap kali memperingati HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, bukan hanya kilas balik dan mengenang sejarah perjuangan dan kepahlawanan para pendahulu kita, namun juga penghayatan terhadap nilai-nilai juang ALRI Divisi IV untuk kondisi kekinian, khususnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA : Tim Sepak Bola Indonesia Cetak Sejarah Emas SEA Games, Erick: Penantian 32 Tahun

“Perjuangan para pendahulu kita yang rela mengorbankan segala-galanya, bahkan nyawa sekalipun rela mereka korbankan untuk negeri ini, jangan sampai ternodai,” ucap Sahbirin.

Ditambahkannya, semangat Proklamasi 17 Mei 1949, selayaknya menjadi inspirasi bagi kita dalam berbakti dan mengabdi untuk banua dan negeri di masa kini.

“Karenanya, menteladani semangat perjuangan dan kegigihan dari pendahulu kita dalam mempertahankan NKRI harus bergelora,” ujar Sahbirin.

Pada peringatan tersebut dilaksanakan dengan serangkaian pelepasan kirab sepeda ontel yang diikuti sebanyak 80 peserta penggiat komunitas sepeda ontel dimulai dari titik nol kilometer Banjarmasin hingga finish dimakam pahlawan nasional Brigjen TNI H Hasan Basry.

Setelahnya, usai upacara dan ziarah di makam pahlawan nasional Brigjen TNI H Hasan Basry, Pemprov Kalsel memberikan tali asih berupa 25 paket bingkisan kepada veteran, janda veteran, perintis kemerdekaan dan juga keluarga pahlawan. (tn/win)

Lebih baru Lebih lama