Trending

Pegawai BPBD Kapuas Antusias Aktivasi IKD Program Jemput Bola Disdukcapil

 

ANTUSIAS: Pegawai BPBD Kapuas antusias aktivasi IKD yang dilakukan jemput bola oleh Disdukcapil Kapuas - Foto Dok

BANUATODAY.COM, KUALA KAPUAS - Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas antusias melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Mereka memanfaatkan program pelayanan jemput bola yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kapuas, yang mana kali ini dilaksanakan di kantor BPBD Kapuas, di Jalan Kasturi, Kecamatan Selat.

Plt Kepala Disdukcapil Kapuas, Sipie S Bungai mengatakan jemput bola dilakukan dalam rangka percepatan pelaksanaan penerapan IKD bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Kapuas dan Instansi vertikal di wilayah setempat.

Melalui kegiatan pelaksanaan layanan jemput bola terjadwal dari Disdukcapil Kabupaten Kapuas ke masing-masing SOPD di Kabupaten Kapuas ini, dapat memudahkan para pegawai.


"Karena tanpa perlu mendatangi hingga antri ke kantor Disdukcapil Kapuas, sehingga masih bisa sambil bekerja atau memberikan pelayanan di kantor," katanya, Selasa (9/5/2023).


Dengan melakukan aktivasi IKD ini, lanjut dia terdapat beberapa manfaat yang didapatkan, diantaranya memudahkan verifikasi diri tanpa harus membawa KTP-el fisik, mempermudah pengaksesan pelayanan publik, serta mempermudah mengakses data anggota keluarga.

Dalam kegiatan, terlihat sebagian besar pegawai BPBD Kapuas bergantian untuk melakukan pendaftaran aplikasi melalui smartphone yang kemudian discan dan diverifikasi oleh petugas Disdukcapil dan akan diberikan pemberitahuan melalui email masing-masing untuk dapat diaktivasi.

Pihaknya juga mengharapkan kerja sama dari seluruh OPD maupun instansi vertikal agar dapat memfasilitasi tempat dan waktu saat Tim Disdukcapil nantinya melakukan aktivasi, sehinga penerapan IKD ini dapat terpenuhi untuk wilayah Kabupaten Kapuas. (sur/fsl)

Lebih baru Lebih lama