Trending

Pesona Selat Sumbawa, Desa Wisata Labuhan Lombok Tembus ADWI 2023

 

18052023 - BANUATODAY.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berada di Lombok, NTB. Istimewa.png
LOMBOK - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berada di Lombok, NTB. (Istimewa)

BANUATODAY.COM, LOMBOK - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, melanjutkan kunjungan kerjanya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan mengunjungi Desa Wisata Labuhan Lombok.

Menparekraf Sandiaga Uno bermain layang-layang bersama masyarakat sambil menikmati keindahan Bukit Kayangan di Desa Wisata Labuhan Lombok yang masuk ke dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Lombok Timur, Rabu (17/5/2023).

Dalam kunjungan ini, Menparekraf Sandiaga mengapresiasi keberhasilan Desa Wisata Labuhan Lombok di Kabupaten Lombok Timur yang terpilih sebagai salah satu dari 75 besar desa wisata dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Desa Wisata Labuhan Lombok berada di Kecamatan Pringgabaya dan dapat dijangkau dengan perjalanan darat sepanjang 79 kilometer selama dua jam dari Bandara Internasional Lombok. 

Desa yang berdekatan dengan Pelabuhan Kayangan ini menawarkan pemandangan Selat Sumbawa yang indah, bahkan saat cuaca cerah, wisatawan bisa melihat Pulau Sumbawa dan Gunung Rinjani dari area perbukitan yang ada di desa wisata Labuhan Lombok ini.

BACA JUGA : 7 Uang Kertas Rupiah Raih Penghargaan Internasional Cetakan Terbaik

Selain mengungkapkan rasa kagumnya terhadap keindahan alam di Desa Wisata Labuhan Lombok, Menparekraf Sandiaga juga mengapresiasi kolaborasi antara perangkat desa dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat dalam mengelola potensi yang ada di desa ini. 

"Di sini bentuknya kolaborasi, lahan 10 hektare dikelola dengan baik oleh pokdarwis dan kepala desa agar wisatawan dapat menikmati alam yang indah dan budaya yang kaya raya," kata Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan Lombok memiliki potensi wisata yang beraneka ragam. Sehingga potensi yang ada ini perlu diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi masyarakat NTB.

Salah satu upaya konkret dari peningkatan kualitas SDM ini, kata Sandiaga, adalah pelaksanaan pelatihan bagi pelaku parekraf di Lombok yang bekerja sama dengan Bank Dunia. 

"Ini akan terus kita lakukan dengan kesinambungan dan harapannya bisa ditingkatkan tahun depan dan kita akan memperpanjang kerja sama dengan World Bank. Mudah-mudahan nanti juga akan menyentuh Desa Wisata Labuhan di Lombok Timur," katanya.

Dalam kunjungan ini Menparekraf Sandiaga didampingi Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; dan Direktur Poltekpar Lombok, Herry Rachmat Widjaja. Turut hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Jamaluddin.

Dalam kesempatan itu, selain menandatangani prasasti 75 besar ADWI 2023 bagi Desa Wisata Labuhan Lombok, Menparekraf Sandiaga juga menandatangani prasasti desa wisata terbaik bagi Desa Wisata Lembar Selatan di Kabupaten Lombok Barat dan Desa Wisata Setanggor di Kabupaten Lombok Tengah. (pr/win)

Lebih baru Lebih lama