Trending

Sambut HUT Ke-20 Pemkab Balangan, EXPO 2023 Resmi Dibuka

EXPO: Balangan EXPO 2023 resmi dibuka dari tanggal 10-15 Mei 2023 - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN – Balangan Expo 2023 dalam pameran dagang dan pembangunan resmi dibuka oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balangan, di kawasan Tugu Maritam, Kecamatan Paringin Selatan, Rabu (10/5/2023). 

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara HUT Pemkab Balangan yang ke -20 dan berlangsung selama 6 hari dari tanggal 10 hingga 15 Mei 2023 mendatang.

Balangan Expo 2023 juga diikuti oleh sekitar 47 instansi dan 72 UMKM dengan stand-stand pameran yang tersebar di seluruh lokasi expo. Selain itu acara juga akan dihibur oleh Band ternama seperti Band Gigi dan Pasha Ungu yang rencananya bakal hadir pada acara puncak. Juga sebagai bentuk rasa syukur panitia juag mendatangkan Habib Syech.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Balangan, Aidinnnor, menyatakan bahwa kegiatan Balangan Expo 2023 merupakan wujud nyata semangat membangun banua. 


“Dalam kegiatan ini, seluruh SKPD dan UMKM di Kabupaten Balangan memamerkan produk unggulannya serta memberikan pelayanan-pelayanan kepada masyarakat seperti bursa kerja, perizinan-perizinan, serta hal-hal lainnya, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat mendorong putaran ekonomi di Kabupaten Balangan sert memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus berbagai macam hal sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing SKPD,” ucap Aidinnor. 


Sementara itu, dalam sambutannya mewakili Bupati Balangan, Sekda Balangan H Sutikno mengucapkan rasa syukur dan mengingatkan seluruh pengunjung untuk tetap fokus pada semangat membangun banua. Ia juga mengajak pengunjung untuk mengunjungi stand SKPD untuk mendapatkan pengetahuan seputar pemerintahan.

“Alhamdulillah kita bisa melaksanakan kegiatan Balangan Expo 2023 ini dengan lebih meriah setelah sebelum-sebelumnya kita dilanda Covid-19, dan kami harapkan kepada para pengunjung dan seluruh pihak lainnya untuk bersama-sama semangat membangun banua menjadi lebih baik lagi, dan jika ada yang ingin bertanya-tanya ke instansi, silahkan saja terkait program pembangunan ataupun hal-hal lainnya,” tutur Sutikno.

Sutikno juga mengucapkan terima kasih kepada warga Balangan atas dukungan, partisipasi, dan kecintaan mereka terhadap daerah. Ia juga menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama kemeriahan Balangan Expo 2023. Menurutnya, hal ini akan memudahkan jika ingin mengundang artis ibukota lagi di masa yang akan datang.

Terakhir, Sutikno memberikan apresiasi kepada panitia, partisipan, dan seluruh pihak terkait atas kerja keras dan kontribusinya dalam menyelenggarakan Balangan Expo 2023.

"Semoga kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mempererat tali persaudaraan dan mempromosikan potensi ekonomi di Kabupaten Balanga," imbuhnya.

Kegiatan pembukaan dihadiri oleh Ketua TP PKK Balangan, Hj Sri Hurriyati Hadi, Sekda Balangan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ruang lingkup Kabupaten Balangan, serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini didanai oleh DPA Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Balangan untuk sewa stand, dan didukung oleh sponsor utama dari Bank Kalsel dan Adaro.(vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama