Trending

Seni Bela Diri Tradisional Pencak Silat Ramaikan Hardiknas Kabupaten Balangan Tahun 2023

 

TAMPILAN: Seni Bela diri Pencak Silat ramaikan HARDIKNAS Balangan - Foto Dok 

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Berbagai macam atraksi di tampilkan dalam rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 yang digelar Pemkab Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, di Halaman Kantor Bupati Balangan, Selasa (2/5/2023).

Salah satunya adalah seni bela diri tradisional dari nusantara pencak silat yang di tampilkan oleh organisasi  Persatuan Setia Hati Terate (PSHT) bersama Terate Sport Centre Balangan

Seperti kita ketahui bersama, pencak silat adalah seni bela diri yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara


“Penampilan pencak silat dalam momentum Hardiknas 2023 ini kami menampilkan program latihan membangun karakter bermental juara (Membara),” kata Pembina PSHT Balangan Ahmad Juliansyah. 


Ia mengatakan pada Hardiknas 2023 ini, PSHT sendiri menampilkan berbagai jurus di antaranya Jurus Tangan Kosong IPSI, Jurus Senjata Golok, Jurus Senjata Toya dan peragaan pencak silat usia dini oleh Raffasya Al-Farizi.

Juliansyah mengucapkan kegiatan latihan dan pembinaan bertujuan agar peserta didik mampu mengembangkan potensi bakat dan prestasi dengan empat landasan dasar.

Yang pertama ungkap Juliansyah adalah etik, yaitu individu yang memiliki kerohanian beriman dan bertaqwa.

Kedua adalah literasi, yaitu olah pikir individu yang memiliki keunggulan dan kesadaran sehingga mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Ketiga estetik yaitu individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan melestarikan budaya serta keempat kinestetik yaitu individu yang sehat sehingga mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara Indonesia. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama