Trending

219 Jemaah Kloter Terakhir Embarkasi Banjarmasin Diberangkatkan, Ini Pesan HM Tambrin

 

PESAN - Kakanwil Kemenag Kalsel Dr H Muhammad Tambrin MMPd menyampaikan pesan kepada jemaah kloter terakhir Embarkasi Banjarmasin. (Dok. Kemenag Kalsel)

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Kelompok terbang (Kloter) 17 Embarkasi Banjarmasin diberangkatkan Kamis (22/06/23) dinihari menjadi kloter terakhir pada operasional pemberangkatan jemaah haji dari Embarkasi Banjarmasin tahun 1444 H/ 2023 M.

Kloter gabungan dari beberapa daerah yang ada di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dengan jumlah 219 jemaah dan 5 petugas Kloter ini menjadi kloter penutup dari 18 Kloter Jemaah haji yang diberangkatkan dari embarkasi Banjarmasin.

Selaku ketua Petugas penyelanggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr. H. Muhammad Tambrin M.M.Pd mengapresiasi PPIH Embarkasi Banjarmasin Tahun 1444 H / 2023 M dan petugas yang terlibat secara langsung atupun tidak langsung pada proses pemberangkatan ibadah haji Embarkasi Banjarmasin Tahun 1444 H/ 2023 M.

“Berkat koordinasi dan kerjasama yang baik kita dapat menyelesaikan dan memberangkatkan petugas dan jemaah haji berjumlah 5,708 dengan 17 Kloter kuota reguler dan 1 kloter kuota tambahan,” tandasnya.

Sesuai dengan tagline haji ramah lansia yang diusung Kemenag dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini Tambrin juga mengapresiasi sebesar-besarnya petugas haji daerah yang sudah bekerja keras dan maksimal dalam memberikan layanan haji dari daerah sampai ke Embarkasi Banjarmasin

Pelayanan yang maksimal ini diharapkan Tambrin akan memberikan semangat bagi para Jemaah haji lansia dan memberikan keyakinan bagi mereka bahwa mereka akan terus dibantu dan dilayani secara maksimal dalam pelaksanaan ibadah haji.

Kemenag Kabupaten Hulu Sungai Selatan menjadi salah satu daerah yang menurunkan banyak personal ASN dalam pelayanan lansia dengan mengikutkan sekitar 25 orang dalam proses pemberangkatan Jemaah haji dari kabupaten ke Embarkasi Banjarmasin.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag HSS H. Abdul Azis mengatakan pihaknya sudah berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal bagi Jemaah haji, terutama bagi Jemaah lansia yang memang perlu perlakuan khusus.

“Selain memang karena ada permintaan pelayanan khusus bagi Jemaah lansia, setiap tahun kami memang berkitmen memberikan pelayanan maksial kepada Jemaah haji,” ujarnya saat ditemui Senin (19/06/23) malam usai pelepasan Jemaah haji kloter 16 Embarkasi Banjarmasin di Aula Jeddah.

Kendala yang dihadapi kata H. Abdul Azis berpariasi, tergantung dari keadaan Jemaah lansia yang bersangkutan. 

“Kami melayani dengan sepenuh hati, karena kita tahu kita juga akan tua seperti mereka,” ujarnya.

Sejak diberangkatkannya Kloter BDJ 01 pada 29 Mei 2023 hingga kloter 17 pada Kamis (22/06/23) dini hari maka total 5.708 jemaah dan petugas haji Embarkasi Banjarmasin telah diberangkatkan dari Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin menuju Arab Saudi. (pr/win)

Lebih baru Lebih lama