Trending

40 Ribu Benih Ikan Baung Dilepas di Waduk Bandara Internasional Syamsudin Noor

 BIBIT - Penebaran Bibit secara Bersama-sama di Waduk Bandara Syamsudin Noor. (Dok. Media Center Banjarbaru)

BANUATODAY.COM, BANJARBARU – Melalui kerjasama antara Balai Perikananan Budidaya Air Tawar Mandiangin beserta Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru, Pemko Banjarbaru menggelar Penebaran Bibit Ikan Baung di Waduk Bandara Syamsudin Noor, pada Selasa (06/06/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk perairan umum sehingga ekosistem perairan dapat terjaga dengan baik dan juga sebagai upaya pelestarian ikan baung di Kalimantan Selatan.

Dipimpin secara langsung oleh Wali Kota Banjarbaru yang pada kegiatan kali ini diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru H. Said Abdullah ia mengatakan bahwa penebaran benih ikan ini diharapkan dapat membantu menjaga keberlanjutan sumber daya perikanan, meningkatkan kesempatan tangkapan ikan dan mengembalikan ekosistem.

“Kegiatan hari ini  merupakan tindak lanjut dari menurunnya populasi ikan lokal di waduk Bandara Syamsudin Noor dalam beberapa tahun terakhir, hal ini bisa menjadi permasalahan serius karena ikan lokal ekonomis penting secara ekologis dan ekonomis,” katanya.

Lanjutnya ia berharap dengan 40 ribu bibit ikan baung yang ditebar dapat membuat konservasi ikan baung di Kalimantan Selatan dapat tercapai.

“Pada hari ini ditebarkan sebanyak 40 ribu ekor benih ikan baung, semoga dapat memulihkan populasi ikan baung yang telah terganggu,” harapnya.

Diinformasikan bahwa ekosistem perairan yang dibangun di Bandara Syamsudin Noor ini sebagai salah bentuk upaya dalam mewujudkan pembangunan Bandara yang yang sehat dan hijau (Green Airport). (pem/enw)

Lebih baru Lebih lama