Trending

Jemaah Embarkasi Banjarmasin Mulai Laksanakan Pembayaran Dam

 

15062023 - BANUATODAY.COM - Jemaah mendatangi lokasi pembelian hewan untuk bayar dam..jpg
HEWAN - Jemaah mendatangi lokasi pembelian hewan untuk bayar dam.(Dok. Kemenag Kalsel)

BANUATODAY.COM, MAKKAH - Jemaah haji asal embarkasi Banjarmasin mulai melakukan pembayaran Dam, sebagaimana laporan Ketua Kloter 10 Bahrul Ilmi dari Mekah Arab Saudi menyampaikan bahwa jemaah haji yang disertainya dari Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Barito Kuala hari ini Kamis (15/6) sebagian sudah mulai melakukan pembayaran Dam.

“Pembayaran Dam dilakukan lebih awal sebelum puncak ibadah haji agar setelah haji Jemaah haji tidak perlu lagi memikirkannya, sehingga jemaah dapat berkonsentarasi untuk kegiatan ibadah haji berikutnya yaitu wukuf Arafah,” katanya.

“Allah SWT menegaskan bahwa haji tamattu’ itu mewajibkan pelakunya membayar denda. Denda tersebut dalam istilah fikih disebut dengan dam atau hadyu. Dam artinya darah, dalam hal ini maksudnya membayar denda dengan cara menyembelih seekor kambing," tambahnya.

Bahrul Ilmi mengungkapkan, untuk pembayaran Dam jemaah nya dirinya menyerahkan sepenuhnya pilihan kepada jemaah haji apakah mau melaksanakan secara mandiri atau mau dikoordinir melalui petugas haji. 

“Kami siap membatu jika ada jemaah haji yang minta fasilitasi dengan kami para petugas,” katanya.

Selanjutnya, masih terkait mengenai Dam tersebut dirinya mengaku bersama dengan petugas Kloter lainnya (Pembimbing Ibadah, Dokter dan Perawat Kloter) melaksanakan pembayaran Dam sesuai dengan SE 2 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Pembayaran Dam PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi 1444 H/2023 M.

“Kita sudah sosialisasikan edaran ini kepada para jemaah, namun untuk pilihannya kita serahkan kepada mereka,” katanya. 

“Jikapun tidak tetap kita lakukan pendampingan kepada mereka dalam pelaksanaan dam tersebut,” tambahnya. (pr/enw)


Lebih baru Lebih lama