Trending

Jemaah Haji Kotabaru dan HST Diberangkatkan, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Kalsel

 

KLOTER - Kakanwil Kemenag Kalsel HM Tambrin saat melepaskan kloter 14 Embarkasi Banjarmasin terdiri dari jemaah Kotabaru dan HST. (Dok. Kemenag Kalsel)

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd melepas secara resmi jemaah haji kelompok terbang (Kloter) BDJ 14 yang berasal dari Kabupaten Kotabaru dan Hulu Sungai Tengah dan 5 orang petugas Kloter yang terdiri dari Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah, Dokter Kloter dan 2 orang paramedis. 

Jemaah haji Kloter BDJ 14 kata Tambrin akan diterbangkan dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada 17 Juni 2023 pukul 00.25 dengan nomor Flight GA 8114. “Direncanakan mendarat di Jeddah 17 Juni 2023 pukul 09.30 WAS dengan jumlah jemaah 328 orang,” katanya.

Tambrin meminta jemaah haji Kloter BDJ 14 agar meluruskan niat dan menguatkan tekad untuk melaksanakan ibadah haji. “Laksanakan rangkaian ibadah haji hanya dengan mengharap ridha Allah SWT,” pintanya sebelum melepas secara resmi jemaah haji Kloter BDJ 14, Jum`at (16/06/23) malam di aula Jeddah Embarkasi Banjamasin.

Saat ini kata Tambrin cuaca di Arab Saudi sangat panas, maka kepada sesama Jemaah diharapkan agar saling mengingatkan untuk tidak terkena paparan cahaya matahari secara langsung, dan selalu memakai alas kaki supaya kaki tidak kepanasan yang dapat mengakibatkan kaki melepuh. 

“Sebagian jemaah ada yang sudah melepuh kakinya karena tidak menggunakan alas kaki,” ungkapnya.

Untuk jemaah laki-laki lanjut Tambrin, pada saat memakai kain ihram ketika umrah tidak diperkenankan memakai topi sebagai pelindung kepala namun boleh menggunakan payung sebagai pelindung dari paparan cahaya matahari.

Tambrin meminta kepada Ketua Kloter, Ketua Rombongan maupun Ketua Regu untuk selalu berkoordinasi dalam menjalankan tugas masing-masing, dan saling tolong menolong, saling menjaga satu sama lain terutama kepada jemaah lanjut usia, udzur dan resiko tinggi. 

“Jaga selalu rasa kebersamaan antar jemaah dengan jemaah maupun jemaah dengan petugas dalam menjalankan rangkaian ibadah haji di tanah suci,” pintanya.

Selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin Tahun 1444 H / 2023 M mengucapkan selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji. 

“Semoga menjadi haji yang mabrur, umrah yang maqbul, dan kembali ke tanah air dengan jumlah yang sama ketika berangkat ke tanah suci,” harapnya. (pr/enw)


Lebih baru Lebih lama