Trending

Kloter 03 Banjarmasin Dilepas Wagub Kalteng, Satu Jemaah Asal Kapuas Batal Berangkat karena Ini

01062023- BANUATODAY.COM - Wakil Gubernur Kalsel Eddy Pratowo melepas jemaah haji asal Kapuas yang berangkat melalui Embarkasi Haji Banjarmasin. Dok. Kemenag.jpg
KALTENG - Wakil Gubernur Kalsel Edy Pratowo melepas jemaah haji asal Kapuas yang berangkat melalui Embarkasi Haji Banjarmasin. (Dok. Kemenag)


BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Ratusan jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 3 Embarkasi Banjarmasin (BDJ) yang berasal dari Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) secara resmi dilepas Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, S.Sos, M.M, Kamis (01/06/23) di aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

Edy Pratowo meminta kepada jemaah haji Kloter 3 agar meluruskan niat dalam menjalankan ibadah haji, dengan niat yang tulus dan ikhlas semata-mata mengharap ridho dari Allah SWT. 

“Diikuti dengan melaksanakan seluruh rangkaian manasik haji yang telah dipelajari, agar memperoleh predikat haji yang mabrur,” katanya.

Di kesempatan tersebut Edy Pratowo berharap jemaah haji dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar dapat beradaptasi dan membaur dengan seluruh jemaah haji yang lainnya dalam situasi dan kondisi yang ada disana. 

“Jadilah duta yang baik bagi negara Indonesia dengan menumbuhkan semangat kebersamaan dan toleransi, kasih sayang dengan sesama. Dengan cara meningkatkan solidaritas, memperkuat persaudaraan dan perkokoh persatuan dan kesatuan, serta dengan menunjukkan perilaku sebagai jemaah haji Indonesia yang santun dan bermartabat,” pesannya. 

Selama berada di Arab Saudi, Edy meminta kepada jemaah haji agar menjaga kondisi kesehatan, karena suhu udara di Arab Saudi sangat jauh berbeda dengan di tanah air. 

Jika ada keluhan kesehatan segera hubungi petugas kesehatan yang mendampingi. 

“Kepada seluruh petugas yang mendampingi jemaah haji, agar dapat memberikan pelayanan dan pendampingan yang terbaik secara maksimal bagi semua jemaah haji,” tegasnya.

Di akhir sambutannya Edy berpesan kepada jemaah haji agar mendoakan semua yang ada di tanah air. 

“Khususnya Provinsi Kalimantan Tengah agar senantiasa rukun, harmonis, damai, aman dan sejahtera dalam bingkai keberagamaan dan kebersamaan menuju Kalimantan Tengah yang berkah.

Sementara Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd dilaporannya selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin mengatakan jumlah jemaah haji yang diberangkatkan pada kloter 03 sebanyak 327 jemaah dari rencana 328 karena 1 jemaah haji atas nama Marlan Bejo Noyo dinyatakan tidak laik terbang karena penyakit paru akut. 

“Dengan didampingi 5 orang petugas Kloter yang terdiri dari Ketua Kloter atas nama Ardiansyah, Pembimbing Ibadah atas nama Misbah, Dokter Kloter atas nama dr. Eka Prasepti dan 2 orang paramedis atas nama Sayid Mulyo Widodo dan Bheta Reunita Sabito dan Petugas Kloter akan dibantu oleh 3 Petugas Haji Daerah (PHD) atas nama Akhmad Supriadi, Untung Surapati dan Sri Linlin,” katanya.

Tambrin berpesan kepada jemaah haji untuk selalu menjaga kesehatan selama berada di tanah suci, minumlah air seteguk atau dua teguk setiap jam untuk mencegah dehidrasi. 

“Dan gunakan waktu istirahat yang ada dengan sebaik mungkin,” pintanya.

Jemaah Kloter 3 ujar Tambrin akan diterbangkan dari Bandara Syamsudinnor pada 1 Juni 2023 pukul 08.00 WITA dengan menggunakan pesawat Airbus 330 Garuda Indonesia dengan Nomor Flight GA 8103. “Dan direncanakan mendarat di Bandara Internasional Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pukul 17.50 WAS,” tandasnya. (pr/win)


Lebih baru Lebih lama