Trending

Mantap, 25 Ribu Pekerja di Balangan Bakal Terima BPJS Ketenagakerjaan

 

JAMINAN: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Balangan - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN –  Sebanyak 25 ribu warga Kabupaten Balangan bakal terima Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balangan. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Kerja, Produktivitas dan Hubungan Industrial Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi ( DPMPTSP Nakertrans) Kabupaten Balangan, Slametno disela kegiatan Family Fun Day, Minggu pagi (4/6/2023) di Lapangan Sepakbola Marthasura, Paringin.


"Sebanyak 25 ribu orang tersebut adalah yang berprofesi sebagai pekerja rentan, diantaranya para petani, ojek, dan lain sebagainya," ujarnya


Ia mengatakan program tersebut masuk anggaran tahun 2023. Kemungkinan pada tahun 2024 mendatang bakal di anggarkan kembali sebanyak 40 ribu orang.

“Dan juga nanti insyaallah di tahun 2024 akan dianggarkan 40 ribu orang untuk bisa dilindungi BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya. 

Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM)  di kabupaten Balangan peningkatan kapasitas produktivitas kerja, tahun ini pihaknya telah menganggarkan untuk pelatihan security plus penempatan kerja di perubahan mendatang. 

“Ada sekitar 100 orang yang akan kita anggarkan di perubahan dan juga ada pelatihan sekaligus penempatan kerja untuk cleaning services,” ungkapnya.

Dalam memberikan akses pelatihan kepada masyarakat yang tidak bisa datang ke BLK terutama masyarakat yang tempatnya jauh, pihaknya juga telah telah sediakan tempat pelatihan terdekat.

“Kami ada kerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja atau LPK, jadi di Balangan ini ada 32 LPK yang nanti kita kerjasamakan. Masyarakat bisa mengikuti pelatihan di LPK terdekat agar aksesnya lebih mudah,” tutupnya.(vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama