Trending

Teras Data Berbagi Diluncurkan, Inovasi Terbaru Pemko Banjarmasin Permudah Pengambilan Kebijakan Berbasis Data

INOVASI - Windiasti Kartika, Kepala Diskominfotik Banjarmasin pada peluncuran Teras Data Berbagi.

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin meluncurkan aplikasi Teras Data Berbagi. Digelar di Banjarmasin Command Center (BCC), Senin (20/11).

Aplikasi ini merupakan inovasi  dari Windiasti Kartika Kepala Diskominfotik Banjarmasin dan merupakan kependekan dari Integrasi Data Sektoral Tematik Berbasis Geospasial.

Teras Data Berbagi dirancang menjadi wahana pengambilan keputusan dan penyampaian informasi publik di Kota Banjarmasin. Aplikasi ini dibuat sebagai instrumen strategis untuk meningkatkan pemahaman tentang aspek geografis di berbagai sektor. Juga memberikan landasan yang kuat bagi pemimpin dalam pengambilan keputusan yang strategis dalam perencanaan dan pengembangan wilayah.

Windi menuturkan, proyek ini memberi manfaat bagi berbagai pihak. Selain dalam pengambilan keputusan yang lebih baik, juga memudahkan perencanaan infrastruktur, layanan kesehatan, pendidikan, dan sektor lainnya, serta meningkatkan efisiensi anggaran pembangunan.

"Kolaborasi Pentahelix memastikan keberhasilan proyek ini di berbagai sektor. Bagi sektor swasta, aplikasi ini membantu perusahaan merencanakan strategi pemasaran, ekspansi, dan diversifikasi produk atau layanan," terang Windi.

Sementara itu, bagi akademisi, aplikasi ini mendukung penelitian ilmiah dan pendidikan. Teras Data Berbagi juga memberi manfaat bagi media. Terutama dalam mempermudah penyebaran informasi tentang Pemko Banjarmasin.

Bagi masyarakat sendiri, aplikasi ini memberikan informasi yang kompleks dalam bentuk visual seperti peta atau grafik, sehingga mempermudah pemahaman.

"Terdapat tahapan jangka pendek, menengah, dan panjang dalam pengembangan aplikasi ini, dimulai dari pembentukan tim, pengumpulan data, hingga integrasi dengan port satu data nasional," tambahnya.

Kendati demikian, Windi memastikan bahwa aplikasi ini sudah berfungsi meski masih di tahap pengembangan. Harapannya, Teras Data Berbagi menjadi sarana penyampaian informasi pembangunan yang lengkap bagi masyarakat.

"Reaksi positif datang dari Kepala BPS Kota Banjarmasin, Edy Rahmadi, serta akademisi ULM dari FMIPA ULM, Dewi Anggraini, yang melihat aplikasi ini sebagai sarana yang mendukung kebijakan berbasis data dan akses data yang lebih mudah bagi masyarakat," beber Windi.

Kemudian, ia berharap pada optimalisasi, pengembangan, dan pemeliharaan aplikasi ini. Sehingga dapat memastikan keberhasilan dalam penentuan kebijakan serta penelitian yang berbasis data. Juga memastikan akses dan keterkinian data secara terus menerus. Hal ini sangat penting bagi pertumbuhan Kota Banjarmasin.

"Peluncuran aplikasi Teras Data Berbagi membawa harapan besar untuk mendukung pengambilan kebijakan yang lebih terinformasi dan memastikan penyebaran informasi pembangunan yang transparan kepada masyarakat Kota Banjarmasin,” ungkapnya.

“Dengan kolaborasi lintas sektor dan kesadaran akan pentingnya basis data yang terus-menerus diperbarui, diharapkan aplikasi ini menjadi tonggak kesuksesan dalam pembangunan wilayah Kota Banjarmasin," tuntasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdako Banjarmasin, M Makhmud dan sejumlah pimpinan Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama