Trending

Kasus Kekerasan Anak Meningkat, Kapolres Balangan Ajak Semua Pihak Berkolaborasi

PRES CONFERENCE: Polres Balangan menggelar konferensi pers - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Kepolisian Resort (Polres) Balangan dan jajaran menggelar Konferensi Pers ungkap serangkaian kasus yang terjadi sepanjang tahun 2023. Salah satu sorotan adalah meningkatnya kasus Perlindungan dan Kekerasan Anak.

Menurut Kapolres Balangan, AKBP Riza Muttaqin, kasus perlindungan dan kekerasan anak mencapai tujuh perkara pada 2023, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencatat satu kasus. Dalam penjelasannya, beliau menekankan pentingnya peran media, masyarakat, dan pihak terkait untuk bersama-sama menekan kasus ini.

BACA JUGA: Cegah Stunting, Caleg PDIP Erlina Sipayung Blusukan Bagikan Makanan Bergizi


"Kita harus mengajarkan dan mengedukasi kepada anak, terkait tindakan yang tidak wajar. Hal itu harus kita sampaikan ke anak," ujar Kapolres Balangan di Aula polres Balangan pada Jumat (29/12/2023). 


Ia juga menambahkan bahwa predator anak kebanyakan berasal dari lingkungan terdekat, meskipun kasus ini cenderung tinggi di pedesaan, tidak menutup kemungkinan terjadi di daerah perkotaan.

Kapolres Balangan mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat, organisasi, dan pihak terkait untuk memberikan edukasi dan himbauan kepada orang tua agar lebih intensif menjaga anak-anak. 

"Kedepan, kami akan selalu berkoordinasi dengan PPA, pihak sekolah, orang tua dan guru pengajar karena ini merupakan tanggung jawab bersama," tegasnya.

BACA JUGA: Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Apresiasi Sejumlah Penyewa Gudang

Kasus perlindungan dan kekerasan anak bukan hanya tanggung jawab kepolisian, namun juga tuntutan bersama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung pertumbuhan anak-anak. 

"Dengan adanya peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat, akan dapat menciptakan solusi bersama dalam menanggulangi permasalahan ini,"pungkasnya. (vro/fs)

Lebih baru Lebih lama