Trending

Paman Birin Jelaskan Tagline 'Kalsel Babussalam' kepada KBB Arab Saudi dan Kuwait

SILATURAHMI - Paman Birin bersilaturahmi dengan warga Banjar yang bermukim di Arab Saudi dan Kuwait. (adpim kalsel)

BANUATODAY.COM, MEKKAH - Momen silaturahmi sekaligus pengukuhan kepengurusan Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Arab Saudi dan Kuwait disempatkan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin yang juga KBB Sa-Dunia untuk menjelaskan tagline "Kalsel Babussalam", pada Jumat malam (22/12).

"Tagline Kalsel Babussalam begitu tepat, yakni Kalsel sebagai pintu keselamatan bagi siapa saja, pintu yang terus menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, semangat toleransi, dan semangat gotong-royong dalam membangun Banua yang lebih baik," jelas Paman Birin di hadapan warga Banua yang kini bermukim di Arab Saudi dan Kuwait.

Gubernur dua periode ini juga menceritakan ketokohan Datu Kalampayan yang pada zamannya menimba ilmu hingga ke Madinah, setelah menimba ilmu ingat pulang kampung dan kembali ke Banjar.

Bahkan, Datu Kalampayan mengajarkan ilmu yang beliau dapatkan dengan mengarang Kitab Sabilal Muhtadin.

Pada kesempatan itu pula, Paman Birin berharap bubuhan Banjar di Arab Saudi dan Kuwait bisa senantiasa bisa menyempatkan untuk selalu silaturahmi ke Banua.

Apalagi, sebentar lagi pada Januari 2024 mendatang akan diadakan Haul Guru Sekumpul di Martapura.

Menurut Paman Birin, Banua Kalimantan Selatan begitu beruntung memiliki dua ulama besar yang terkenal dan begitu berpengaruh diseluruh pelosok nusantara yakni Syekh Arsyad Al-Banjari dan Abah Guru Sekumpul.

“Dari dua tokoh ini, lahir ratusan bahkan ribuan santri yang tersebar di seluruh pelosok Banua bahkan daerah lain. Makanya kita harus bersyukur, “Sinarnya Banua, Membuat Banua Bersinar, Kalsel Babussalam,” ujar Paman Birin.

Menurut Paman Birin, dua tokoh kharismatik tersebut memiliki pengaruh yang luar biasa dalam menyebarkan syiar-syiar di Banua.

“Ulun mendoakan agar bubuhan Banjar di Arab Saudi dan Kuwait senantiasa menjadi kebersamaan dan saling tolong menolong. Doakan kami semua warga Banua juga selalu diberikan kemudahan dan keberkahan Allah SWT,” ungkap Paman Birin.

Saat ini terang Paman Birin orang Banjar tersebar di banyak tempat seperti Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Mesir, Arab Saudi, Kuwait, Amerika Serikat, dan negara lainnya.

Pada acara silaturahmi dan pelantikan kepengurusan KBB Arab Saudi dan Kuwait itu juga disampaikan tausiyah oleh Guru Supian Al Banjari. (adp/fzl)


Lebih baru Lebih lama