Trending

Pemprov Kalsel Apel Hari Bela Negara 2023, Diikuti ASN, TNI, Polri, FKKPI, Pramuka dan Menwa

BELA - Upacara Peringatan Hari Bela Negara ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari Aparatul Sipil Negara (ASN), anggota pramuka, mahasiswa, Resimen Mahasiswa (Menwa), Forum Komunikasi Putra Putri TNI – POLRI (FKPPI). (adpim kalsel)


BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar upacara peringatan Hari Bela Negara di halaman kantor Gubernur Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Selasa (19/12) pagi.

Upacara Peringatan Hari Bela Negara ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari Aparatul Sipil Negara (ASN), anggota pramuka, mahasiswa, Resimen Mahasiswa (Menwa), Forum Komunikasi Putra Putri TNI – POLRI (FKPPI).

Tahun ini Peringatan Hari Bela Negara mengangkat tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju.”

Tema tersebut dalam rangka mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

Selaku Pembina Upacara Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sulkan membacakan amanat tertulis Presiden Republik Indonesia (RI) H. Joko Widodo.

Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi semua untuk Bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang di cita-citakan.

“Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara. Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu,” katanya.

Menurutnya, semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan, Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 

Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkret Bela Negara.

Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, dalam amanatnya Presiden mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Selatan Heriansyah berharap, seluruh lapisan masyarakat dapat ikut serta dalam bela negara yang terkandung dalam nilai nilai luhur pancasila dan Undang-undang 1945.

Menurutnya, bela negara bukan hanya sekedar fisik saja. “Menjaga situasi kondusif juga termasuk bela negara,terlebih jelang Pemilu,” tutupnya. (Adp/fzl)

Lebih baru Lebih lama