Trending

Kapolda Kalsel Perkirakan Jamaah Haul ke-19 Guru Sekumpul Capai 2,5 Juta Orang



BANUATODAY.COM, MARTAPURA - Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto memperkirakan haul ke 19 KH. Muhammad Zaini Bin H. Abdul Ghani atau Guru Sekumpul dihadiri sekitar 2,5 juta jemaah.

“Jumlah jamaah yang hadir pada hari ini untuk menghadiri haul di Sekumpul saat ini terpantau mencapai 2,5 juta orang,” jelasnya di sela memantau kegiatan.

“Sangat luar biasa, sangat membludak yang datang dari segala penjuru bahkan dari segala provinsi di Indonesia,” tambahnya. 

Ia juga menyampaikan terkait bincang bincangnya dirinya dengan jamaah. “Saya tanyakan bagaimana perjalanan kemarin, mereka (jamaah, red) mengaku banyak dibantu oleh masyarakat (relawan, red) selama diperjalanan,” ceritanya.Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) telah mengambil langkah preventif dengan mengerahkan personilnya untuk mengamankan Haul KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani atau lebih dikenal Guru Sekumpul. Perayaan Haul ke-19 tersebut berpusat di Martapura Kota, Kabupaten Banjar, Minggu (14/1/2024).

Dalam rangka mengamankan acara yang diikuti oleh ratusan ribu jemaah dari berbagai daerah, Polda Kalsel telah menyusun rencana keamanan yang matang. 1.432 personil kepolisian dibantu 16.368 personil gabungan TNI, Satpol PP, Damkar, Dishub, BPBD, Senkom, Banser dan Relawan ditempatkan di sejumlah titik strategis untuk memastikan kelancaran acara dan mencegah terjadinya gangguan keamanan.

Sebelumnya, Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H. melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H. menyampaikan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan seluruh pihak guna menjamin keamanan dan ketertiban selama acara. 

"Kami telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi dan pengamanan yang maksimal untuk memastikan keberlangsungan Haul Guru Sekumpul dapat berjalan dengan aman dan lancar," kata Kombes Pol Adam Erwindi.

Selain kehadiran personil kepolisian, Polda Kalsel juga bekerjasama dengan instansi terkait untuk memberikan pelayanan dan tanggap darurat jika dibutuhkan. 

Pengaturan lalu lintas juga menjadi perhatian serius untuk mencegah kemacetan di sekitar lokasi acara. 

Haul Guru Sekumpul merupakan salah satu acara yang sangat dinanti-nanti oleh masyarakat Kalimantan Selatan, khususnya bagi para penganut ajaran Guru Sekumpul. Dalam acara ini, umat Islam berkumpul untuk bersama-sama memperingati dan mengenang ajaran-ajaran spiritual yang diwariskan oleh Guru Sekumpul. (ags/fzl)

Lebih baru Lebih lama